DJP Canangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

0
106
Hestu Yoga Saksama
Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Hestu Yoga Saksama, di Jakarta, Rabu (6/12/2017). (Foto: Achmad/SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Direktorat Jenderal Pajak kembali ‎mengingatkan pegawainya agar senantiasa menjaga integritas pribadi, berperilaku terhormat, bersih dari suap, korupsi, dan penyalahgunaan wewenang dalam menjalankan tugas pengumpulan pajak. ‎Hal itu ditegaskan Ditjen Pajak dalam rangka memperingati hari Anti Korupsi internasional 2017.

“Pada hari ini, Dirjen Pajak telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi DJP yang semakin memperkuat budaya anti korupsi dan suap di lingkungan Ditjen Pajak,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Hestu Yoga Saksama, di Jakarta, Rabu (6/12).

Yoga menuturkan, berbagai upaya pencegahan korupsi telah dilakukan di lingkungan Ditjen Pajak termasuk penyediaan whistleblowing system, gerakan budaya pimpinan teladan, serta budaya knowing your employee sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan terhadap pegawai.

Tanggal 9 Desember ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Antikorupsi International untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang bahaya korupsi. Sebagai institusi publik Ditjen Pajak berkomitmen untuk memerangi korupsi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh Wajib Pajak.

Untuk itu Wajib Pajak diminta untuk tidak menawarkan imbalan dalam bentuk apapun kepada pegawai Ditjen Pajak.

“Kalau ada oknum pegawai yang menjanjikan kemudahan dengan meminta imbalan tertentu, segera laporkan melalui whistleblowing system Kementerian Keuangan atau Kring Pajak, atau email ke kami,” tukasnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan saat ini, tidak ada lagi korupsi yang sistemik di Ditjen Pajak. Kalau pun ada, menurutnya hanya bersifat sporadis.

“Kalau sifatnya sporadis, harusnya lebih bisa ditangani,” katanya.

Menurut Sri Mulyani, untuk menekan perilaku korup harus dimulai dari diri sendiri, orang lain dan wajib pajak. Integritas personal dan institusional, kata Sri Mulyani perlu dibangun melalui aturan teknis. Misalnya, account representative tidak boleh bertemu dengan wajib pajak di tempat-tempat yang tidak resmi. (Achmad/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Lorenzo Raih Kemenangan di Grand Prix Katalunya

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Pebalap Spanyol Jorge Lorenzo meraih kemenangan kedua MotoGP secara beruntun bagi Ducati pada Ahad (17/6), dengan kemenangan dari posisi start terdepan hingga...

Warga Mulai Persiapkan Lebaran Ketupat

GORONTALO, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, mulai mempersiapkan segala kebutuhan menjelang perayaan lebaran ketupat, yang digelar pada hari ketujuh setelah Idul Fitri. Beberapa...
balon udara

Polisi Razia Balon Udara Tanpa Awak

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Petugas gabungan dari Polres Ponorogo bersama TNI AD (Kodim Ponorogo) dan TNI AU (Pangkalan Udara Lanud Iswahjudi Magetan) merazia balon udara...
Neymar

Swiss Tahan Imbang Brazil 1-1

ROSTOV ON DON, SERUJI.CO.ID - Brazil bergabung dengan sejumlah negara besar yang gagal menggebrak pada pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia, ketika longgarnya pertahanan pada...
Leon Goretzka

Meksiko Rayakan Kemenangan Usai Taklukkan Jerman

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Kegembiraan para pendukung tim Meksiko setelah pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia melawan Jerman berlanjut hingga ke dalam kereta, yang di Rusia...