BPS: Pendidikan Sumbang Inflasi Terbesar September 2017

0
22
bps
Gedung Badan Pusat Statistik (BPS)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebagai penyumbang inflasi terbesar pada September 2017 dengan andil 0,08 persen.

“Semua kelompok pengeluaran mengalami inflasi kecuali bahan makanan. Inflasi terbesarnya terjadi pada kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga dengan tingkat inflasi sebesar 1,03 persen pada September 2017,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (2/10).

Ia mengatakan komoditas yang dominan memberikan andil atau sumbangan inflasi yaitu uang kuliah akademi atau perguruan tinggi sebesar 0,04 persen.

Kemudian, sumbangan inflasi dari komoditas lain yaitu uang sekolah SD, uang sekolah SMP, uang sekolah SMA, dan rekreasi yang masing-masing sebesar 0,01 persen.

“Itu adalah beberapa hal yang menyebabkan inflasi intinya naik. Tetapi, biasanya uang kuliah dan uang sekolah biasanya setelah ini tidak ada dampaknya lagi. Kemarin muncul di Agustus dan September,” ucap Suhariyanto.

BPS mencatat pada September 2017 terjadi inflasi sebesar 0,13 persen. Tingkat inflasi tahun kalender (Januari-September) 2017 sebesar 2,66 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (year-on-year/yoy) sebesar 3,72 persen.

Komponen inti pada September 2017 mengalami inflasi sebesar 0,35 persen. Tingkat inflasi komponen inti tahun kalender 2017 mengalami inflasi sebesar 2,51 persen.

Sementara untuk komponen harga yang diatur pemerintah mengalami inflasi 0,15 persen, komponen yang harganya bergejolak mengalami deflasi 0,67 persen, dan komponen energi mengalami inflasi sebesar 0,06 persen.

Kemudian, Suhariyanto mengatakan dari pemantauan BPS di 82 kota, tercatat 50 kota mengalami inflasi dan 32 kota deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Tual (Maluku) sebesar 1,59 persen, sementara inflasi terendah di Depok (Jawa Barat) dan Mamuju (Sulawesi Barat) 0,01 persen.

“Untuk 32 kota yang mengalami deflasi, tertinggi terjadi di Manado (Sulawesi Utara) sebesar 1,04 persen dan terendah di Tembilahan (Riau) 0,01 persen,” kata dia. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Wapres KAHMI

Tutup Munas Kahmi Ke- 10, Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dapat menonjolkan intelektualisme kecendekiawanan. Kalau berbicara dengan batas...
Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...

KANAL WARGA TERBARU

image4214

USULAN REMBAG EKONOMI UMAT Versi II

DEPO MUSLIM INDONESIA Barang Warung Harga Grosir Bentuk : Koperasi Jasa Bidang : Distribusi Anggota : 1. Pemilik Warung/usaha retail muslim 2. Produsen muslim Spesialisasi Depo dan Distribusi Modal : 1. Stok Barang...
Doa Bisa Simalakama

Doa Bisa Simalakama

Doa bisa dipandang dari dua aspek. Pertama, doa dilihat dari aspek FUNGSInya. Kedua, doa dilihat dari aspek ISInya. Dilihat dari sisi FUNGSInya, doa adalah ibadah....
VIR

Belajar dari “HUKUM OHM”, Selamat datang Masalah

Jamak kita temui, hampir setiap orang yang menghadapi masalah terlihat kusut di wajahnya. Pada tingkatan tertentu, ada sebagian orang bahkan sampai stres dalam menghadapi...