BI Peroleh Penghargaan Terkait Penyelamatan Arsip

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Bank Indonesia atau BI, memperoleh penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) atas perannya menyelamatkan arsip statis bidang perbankan khususnya pada masa transisi fungsi pengawasan mikroprudensial kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Upaya penyelamatan arsip perbankan dilakukan untuk menjaga kelangsungan informasi penting yang terdapat pada dokumen-dokumen perbankan,” kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Senin (9/4).

Agus mengatakan upaya penyelamatan dilakukan untuk memastikan bahwa informasi penting tersebut dapat tersedia setiap saat guna mendukung perumusan dan penetapan kebijakan BI.

Ia menilai arsip yang baik merupakan pilar kredibilitas dan akuntabilitas suatu insitusi, sehingga upaya pengelolaan arsip perlu dilakukan secara konsisten.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi oleh ANRI dan atau lembaga kearsipan.

Pengelolaan arsip statis adalah proses pengendalian arsip statis secara efisien, efektif dan sistematis meliputi akuisisi, pengolahan, preservasi, pemanfaatan, pendayagunaan dan pelayanan publik dalam suatu sistem kearsipan nasional.

Kepala ANRI Mustari Irawan mengakui penyelenggaraan kearsipan di Bank Indonesia dilakukan secara konsisten, baik di pusat maupun kantor perwakilan daerah.

ANRI telah melakukan penilaian tidak hanya di satuan kerja kantor pusat BI, namun juga kantor perwakilan yang berada di Denpasar, Padang dan Bandung.

“Harapan kami, lembaga dan institusi lainnya dapat belajar dari BI untuk mengembangkan penyelenggaraan kearsipan yang lebih baik dan secara bersama-sama mewujudkan gerakan nasional sadar tertib arsip,” ujar Mustari. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER