Bank Indonesia Dirikan Kantor Perwakilan di Beijing


JAKARTA, SERUJI.CO.ID –¬†Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Gubernur Bank Sentral Tiongkok Zhou Xiaochuan telah menandatangani kesepakatan tentang pendirian Kantor Perwakilan BI di Beijing, Tiongkok.

Agus, melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Jumat (12/1), mengatakan bahwa kesepakatan tersebut merupakan tindak lanjut penting dalam kerja sama bilateral kedua bank sentral. Hal itu juga sejalan dengan makin pentingnya peran Cina dalam perekonomian global dan kawasan, termasuk bagi Indonesia.

Keberadaan Kantor Perwakilan BI di Beijing diharapkan dapat makin mengoptimalkan hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara dan meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di Tiongkok serta implikasinya bagi Indonesia.

Pendirian Kantor Perwakilan BI di Beijing, kata Agus, akan makin memperkuat kerja sama yang telah berjalan baik antara BI dan Bank Sentral Cina atau People’s Bank of Cina.

“Kantor Perwakilan juga akan memiliki peran penting sebagai kontak utama dan penghubung dengan People’s Bank of Cina, Badan Pemerintah Tiongkok lainnya, dan para pelaku pasar keuangan di Tiongkok,” katanya.

Kantor perwakilan di Beijing ini merupakan kantor perwakilan luar negeri yang ke-5 didirikan oleh BI selain yang saat ini sudah ada, yakni di Tokyo Jepang, Singapura, London Inggris, dan New York Amerika Serikat. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close