BI: Transaksi Non Tunai Bisa Tingkatkan PAD

PADANG ARO, SERUJI.CO.ID – Kepala Divisi SP PUR Layanan dan Administrasi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar, Rihando mengatakan penerapan transaksi nontunai untuk restoran, hotel dan pusat perbelanjaan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jika restoran dan pusat perbelanjaan menerapkan transaksi non tunai, maka pajaknya langsung masuk ke kas daerah, dan tidak bisa dimanipulasi sehingga bisa meningkatkan PAD,” ujarnya pada sosialisasi penerapan pembayaran non tunai kepada seluruh organisasi perangkat daerah Solok Selatan, di Padang Aro, Jumat (4/5).

Ia mengemukakan pemerintah daerah harus bisa melihat potensi ini, karena menjadi salah satu sektor penerimaan yang bisa dioptimalkan.

Sebagai contoh pelanggan rumah makan yang mencapai 50 orang sehari, bisa saja dilaporkan hanya 10 orang, sedangkan bila non tunai diterapkan tidak bisa menipu, dan pajaknya langsung masuk ke kas daerah.

“Saran kami pemerintah daerah mengoptimalkan PAD dengan bekerja sama dengan bank yang dipilih,” lanjutnya.

Pihak BI juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait manfaat menggunakan transaksi non tunai.

Kemudahan transaksi non tunai bisa dilakukan di mana saja, asalkan ada sinyal dan saldo di dalamnya.

“Transaksi non tunai ini ibaratnya kita punya bank sendiri, karena bisa digunakan kapan saja,” ujarnya.

Pemerintah daerah juga harus menjalin koordinasi dengan provider untuk meningkatkan kualitas sinyal supaya pembayaran non tunai ini berjalan baik.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Solok Selatan, Irwanesa mengatakan untuk menerapkan pembayaran non tunai infrastruktur dari bank harus disiapkan terlebih dahulu.

“Kami akan meminta dukungan perbankkan agar ini bisa berjalan lancar dan PAD kita meningkat,” tambahnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Terima Kasih Ahok!

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER