YLKI Sumut Minta PLN Atasi Pemadaman Listrik

0
46
Pemadaman listrik (ilustrasi)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sumatera Utara minta kepada Perusahaan Listrik Negara Wilayah Sumut, agar dapat mengatasi pemadaman listrik di daerah Medan dan Kabupaten Deliserdang, karena membuat masyarakat di kedua daerah itu tidak nyaman.

“Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) itu, diharapkan jangan membiarkan terjadinya pemadaman listrik, sehingga membingungkan warga,” kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut, Abubakar Siddik di Medan, Jumat (30/3).

Pemadaman listrik tersebut, menurut dia, tidak sesuai dengan imbauan yang selama ini dikeluarkan oleh PLN, bahwa tidak ada lagi pemadaman listrik.

“Namun, kenyataannya listrik di Desa Bandar Klipa, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Kamis (29/3) masih terjadi pemadaman, hal itu membuat kecewa masyarakat dan tidak percaya lagi terhadap PT PLN Wilayah Sumut,” ujar Abubakar.

Ia mengatakan, pemadaman listrik tersebut, mengakibatkan warga menjadi gelap gulita dan apalagi yang berada di Daerah Tembung.

Jika pemadaman listrik masih terus terjadi, dan pihak PLN dapat secepatnya mengatasi dengan mengerahkan petugas teknisi PT PLN.

“Selain itu, pemadaman listrik juga mengganggu aktivitas para pegawai di institusi pemerintah dan juga karyawan di perusahaan swasta,” ucapnya.

Abubakar menjelaskan, pemadaman listrik di Kota Medan, dan biasanya dilakukan secara bergiliran sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan PT PLN.

Bahkan, setiap tahun menjelang bulan Suci Ramadhan, pemadaman listrik sering kali terjadi dan mengganggu umat Islam yang sedang melaksanakan Shalat TaraWih di Masjid.

“Pihak PLN Wilayah Sumut, tampaknya tidak bisa menjamin bahwa listrik tersebut tetap menyala selama bulan Ramadhan,” katanya.

Seharusnya PLN sebagai perusahaan milik negara itu, agar melakukan perbaikan pembangkit listrik maupun gardu listrik yang dianggap bermasalah.

Jadi menjelang Bulan Puasa, petugas PLN tidak perlu repot-repot lagi melakukan perbaikan mesin pembangkit listrik yang mengalami kerusakan itu.

Permasalahan listrik seperti ini telah bertahun-tahun terjadi, namun tidak pernah ada solusi antara Pemprov Sumut dengan Manajemen PT PLN Wilayah Sumut.

“Setiap tahun listrik di Sumut tetap saja rusak, padahal PLN selalu membeli mesin yang baru, menyewa kapal pembangkit listrik dari Negara Turki, namun tidak pernah tuntas,’ Kata Ketua YLKI Sumut itu. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU