Wawali Imbau Penerima Zakat Mampu Mandiri Secara Ekonomi


SOLOK, SERUJI.CO.ID – Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier meminta penerima zakat dari Baznas benar-benar memanfaatkannya untuk modal usaha agar bisa mandiri secara ekonomi, dan tujuan menekan angka kemiskinan tercapai.

“Tingkat kesejahteraan itu dilihat dari kondisi ekonomi masyarakat, dan kita masih ada sekitar 17 ribu KK miskin, dan dengan zakat diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka,” kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Rabu (28/2).

Ia menyebutkan meskipun untuk program pengentasan kemiskinan, pemerintah tidak bisa semena-mena mengeluarkan uang karena ada aturan yang harus dipatuhi.

Karena itu pemerintah tidak bisa melakukan pengentasan kemiskinan sekaligus, tapi harus dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Maka melalui dana zakat diharapkan masyarakat bisa terbantu, dan tidak terus tergantung dengan bantuan. Tapi dengan zakat hendaknya masyarakat mampu bangkit menjadi lebih sejahtera.

“Bagi yang ingin berusaha dan berdagang warga bisa pergi ke Baznas untuk mendapatkan pengarahan dan modal usaha,” ujarnya.

Jika sekitar 300 KK dapat dibantu setiap tahunnya dengan dana zakat, maka beberapa tahun ke depan tentu masyarakat yang miskin akan terus berkurang, dan pada akhirnya tidak ada lagi.

“Setidaknya setiap tahun ada sekitar 300 KK warga Solok yang bisa menjadi lebih mandiri ekonominya,” tambahnya.

Karena itu zakat harus digunakan sesuai fungsinya agar terasa manfaatnya, sebab jika disalahgunakan tentu tidak akan berkah jadinya.

“Jangan sampai zakat tidak tepat sasaran, dan tidak tepat guna. Sehingga merugikan orang lain yang lebih berhak mendapatkan,” katanya.

Sementara Ketua Baznas Kota Solok, Zaini mengatakan agar penerima zakat sebanyak 388 KK dengan jumlah dana lebih Rp300 juta dapat memanfaatkan dana zakat untuk bangkit secara ekonomi.

Zakat ini untuk tambahan modal usaha, keperluan sehari hari, dan untuk biaya pendidikan, lanjutnya.

Ia mengemukakan untuk mendapatkan dana zakat harus memiliki KTP dan KK di Kota Solok, dan mendapatkan rekomendasi dari masjid sekitar. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close