Wali Kota Batam Terapkan Tradisi Khataman Alquran

0
48

BATAM, SERUJI.CO.ID – Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Muhammad Rudi, menerapkan tradisi Melayu, Khataman Alquran, dalam rangkaian persiapan jelang pernikahan putrinya, Fiqih Amylia.

Kepala Bagian Humas Pemkot Batam, Yudi Admaji menyatakan Wali Kota mendampingi putrinya menjalankan Khataman Quran, Rabu (28/3), sebuah tradisi yang harus dijalankan calon mempelai putri Melayu.

“Khataman Quran oleh mempelai perempuan merupakan keharusan di dalam tradisi Melayu,” kata Yudi.

Tradisi Khataman Alquran dilaksanakan sebelum pengantin bersanding di atas pelaminan. Puteri Wali Kota, Fikih Amylia akan menikah dengan Kompol Isa Imam Syahroni pada Kamis (29/3). Resepsi pernikahan keduanya akan digelar 31 Maret 2018, dengan pesta rakyat.

Menurut panitia, pada zaman dulu, orang tua merasa kurang sempurna, jika Al Quran tidak dikhatamkan sebelum anak gadisnya menikah.

Khataman Alquran dipandu guru mengaji Ustad Alwi Husein, yang juga membacakan ayat-ayat Khataman Alquran dan doa khataman.

Saat menamatkan bacaan Al Quran, sejumlah perlengkapan diletakkan di hadapan mempelai wanita, yaitu sepahar pulut kuning dihiasi 30 bunga telor.

Berdasarkan penjelasan panitia, pulut kuning dan telur itu mengandung filosofi, sebagai syarat lengkap dan sempurnanya 30 Juz di dalam Alquran.

Pada malam sebelumnya, Selasa (27/3), keluarga Wali Kota juga menjalankan tradisi Malam Berinai.

Inai diberi oleh Mak Andam (juru rias) dari bahan daun inai yang digiling halus dan direnjis air untuk diLembabkan.

Sesuai tradisi, pemasangan inai diawali dengan menepuk tepung tawar, dari tokoh masyarakat dan keluarga yang dituakan.

Masing-masing memasangkan inai di satu ujung jari mempelai perempuan. Sedangkan mempelai lelaki memasang inai sendiri.

Berinai curi, berinai kecil dan berinai besar merupakan adat untuk memperindah jari-jemari kedua calon mempelai. (Ant/SU02)

loading...
BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...