Wagub Nasrul Abit: HIPMI Mesti Dorong Pengusaha Sumbar Profesional

PADANG, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Sumatera Barat ke XII untuk periode 2017-2020 di Hotel Basko, Selasa (3/107).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPP HIPMI, Ketua Kadin Sumbar, Ketua Arsita, Forkopimda Sumbar, mantan Ketua HIPMI Sumbar, serta Ketua DPC HIPMI kabupaten/kota se-Sumbar.

Wakil Gubernu Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, kini saatnya pengusaha daerah untuk profesional dalam bersaing mendapat proyek pembanguan di Sumatera Barat.

“Karena saat ini semua telah terbuka. Kami, pemerintah, tidak bisa memproteksi pembagian proyek, KPK mengawasi sampai menyadap hp para pejabat, karena tidak zamannya lagi, jika ketahuan ada, kami bisa masuk penjara,” ujar Nasrul dalam sambutannya.

Oleh karena itu, kata Nasrul, diharapkan para pengusaha di Sumbar agar meningkatkan profesional kerja sehingga bisa memenangkan semua tender pembangunan daerah, jika tidak tentu pengusaha lain yang mendapatkannya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, untuk kepemimpinan HIPMI Sumbar mendatang agar bersanding bukan bertanding, misalnya dengan melakukan musyawarah mufakat dalam pemilihan ketua umum.

“Kita mesti kompak dari dalam Sumatera Barat untuk memajukan negeri ini, tidak tanpa kecuali pembangunan Sumatera Barat butuh kebersamaan, bekerja keras bukan dengan ‘mencikaraui’ atau mencaci maki kondisi yang ada,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Nasrul Abit juga mengucapkan terima kasih dan harapannya kepada Zico Rolanda yang telah mengakhiri masa kepemimpinannya.

“Atas nama pemerintah daerah, kami memberi apresiasi atas segala kontribusi kerja HIPMI yang ikut memajukan pertumbuhkan ekonomi Sumatera Barat minimal dalam tiga tahun terakhir ini, semoga adinda Zico Rolanda semakin sukses lagi di masa-masa mendatang,” kata Nasrul.

Ketua DPP HIMPI Bahlil Lahadalia dalam kesempatan itu menyampaikan, monopoli BUMN berdampak pada kondisi pengusaha-pengusaha nasional tidak mampu bersaing dengan perusahaan milik negara. BUMN dibantu regulasi dan dibiayai pemerintah, sedangkan pengusaha tentu tidak cukup modal.

“Hasil berdialog dengan Presiden, tahun 2018 ini proyek yang bernilai dibawah 150 milyar akan dilaksanakan oleh para pengusaha nasional dari sebelumnya hanya dibawah 50 miliar,” kata Bahlil.

Kemudian juga soal pinjaman perbankan kepada UMKM yang sebelumnya bunga pinjaman sampai 53 persen, sementara pada saat moneter tahun 1998-2000 para UMKM inilah sebagai benteng ekonomi nasional untuk tidak lumpuh. Pemerintah akhirnya pada tahun 2015 menurunkan suku bunga pinjaman kepada UMKM menjadi 12 persen, sama dengan pinjaman BUMN.

Ini merupakan bagian dari kerja HIMPI dalam menumbuhkan geliat pengusaha nasional dalam keikutsertaannya berkontribusi dalam pembangunan nasional.

“Upayanya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini baru 5,2 persen dari sebelumnya 4,7 persen pada tahun 2015,” pungkasnya. (Zardi/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.