Usia Harapan Hidup di Indonesia Meningkat, Jumlah Lansia Makin Banyak

1
426
  • 7
    Shares
pergemi
DR. Dr. Wisma Arif SpB Onk Dekan FK Unand saat acara pembukaan Pergemi, di Padang, Jumat, 29/9/2017. (Foto: Elfizon Amir/SERUJI)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Di Indonesia jumlah orang tua makin banyak, karena harapan hidup manusia Indonesia makin panjang.

Hal ini disampaikan oleh DR.dr. Wisma Arif, SpB Onk, Dekan FK Universitas Andalas, saat acara pembukaan Kongres Nasional (Konas) Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) VII dan Temu Ilmiah Padang Psiko-Geriatri I (PPG I) di Padang, pada Jumat (29/9).

“Jumlah lansia (lanjut usia, red) dari tahun ke tahun semakin bertambah dan diperkirakan pada tahun 2030 akan mencapai 40 juta atau 20 % dari jumlah penduduk Indonesia,” jelas Wisma Arif.

Pada kesempatan yang sama, dr. Rose Dinda, SpPD, KGer menyampaikan bahwa lansia butuh perhatian khusus karena pada lansia sering terjadi multipatologi.

“Lansia rentan dengan infeksi, terjadi penurunan fungsional tubuh serta penurunan imunitas,” jelas Rose.

Kongres Nasional Pergemi ke VII yang dibuka oleh Prof.DR.dr. Siti Setiati, SpPD, K Ger, Ketua PB Pergemi dihadiri oleh semua ahli Geriatri dari 14 cabang Pergemi di Indonesia.

Kurang lebih 200 dokter hadir dalam PPG I. Mereka sangat bersemangat menimba ilmu dari simposium dan workshop yang disajikan panitia. (Elfizon Amir/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU