Turki Akan Bangun Sekolah di Aceh

0
101
banda aceh, balai kota

BANDA ACEH – Pemerintah Turki akan membangun beberapa sekolah di Provinsi Aceh serta mendatangkan guru-guru langsung dari negara tersebut.

Duta Besar Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz mengemukakan rencana itu dalam pertemuannya dengan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Banda Aceh di balai kota setempat, dilansir dari Antara, Senin (19/6).

Dalam pertemuan itu, Mehmet Kadri dan Wali Kota Banda Aceh serta jajaran membicarakan kerja sama Turki dengan Aceh khususnya Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Kerja sama prioritas adalah bidang pendidikan. Meski begitu, bidang lain seperti pariwisata, ekonomi, seni dan budaya hingga konstruksi juga akan dijajaki,” kata Mehmet Kadri.

Selain membangun beberapa sekolah di Aceh, lanjut dia, pihaknya akan membuka peluang kerja sama bidang konstruksi. Apalagi perusahaan konstruksi Turki yang terbaik di dunia dan bisa saja hadir di Banda Aceh.

“Ada banyak infrastruktur yang bisa dikerjakan perusahaan konstruksi Turki seperti pembangunan jalan dan jalan layang. Dan bisa saja mereka hadir di Banda Aceh,” kata Mehmet.

Menyangkut dengan kerja sama pariwisata, lanjut dia, investor Turki tertarik dengan Aceh. Begitu juga dengan turis Turki, juga tertarik berkunjung ke Aceh. Apalagi sejarah mencatat hubungan Aceh dan Turki pada masa lalu begitu hebat.

Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal menyambut baik rencana pembangunan beberapa sekolah oleh Turki termasuk mendatangkan langsung guru-guru dari Turki.

“Kerja sama Aceh dan Turki sudah ada sejak dulu. Ketika Aceh dan Turki membangun kerja sama, ini adalah kekuatan besar Islam,” kata Hj Illiza Saaduddin Djamal. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Donald Trump

Trump Berencana Buka ke Publik Dokumen Rahasia Pembunuhan John F Kennedy

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, Sabtu (21/10) waktu setempat, ia berencana untuk mengizinkan agar dokumen pembunuhan Presiden John F. Kennedy pada...

Tiba di Arab Saudi, Wapres JK Langsung Tunaikan Ibadah Umrah

MEKKAH, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menunaikan ibadah Umrah di Tanah Suci Mekkah pada Sabtu (21/10) malam waktu setempat, setelah sebelumnya menghadiri KTT...

Kerjasama Dengan SERUJI, KPPN Pacitan Adakan Workshop Jurnalistik

PACITAN, SERUJI.CO.ID - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pacitan akan mengadakan pelatihan jurnalistik yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel dan press rilis bagi...
Wilda Mukhlis

Dana Desa Diawasi oleh Kapolsek, Ini Kata Ketua Apdesi Aceh

LANGSA, SERUJI.CO.ID – Terkait kewenangan pengawasan dana desa oleh Kapolsek di setiap daerah, Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Aceh mendukung...

Pickup Tata Super Ace HT Dipasarkan Pertama Kali di Makassar

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Perusahaan pabrikan otomotif asal India, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) resmi memasarkan kendaraan pickup Tata Super Ace HT pertama secara regional...

Indonesia dan Turki akan Bentuk Forum Strategis Tingkat Tinggi

MADINAH, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sepakat untuk membentuk forum strategis tingkat tinggi (high level strategic council) antara Indonesia dengan Turki sebagai...