Turki Akan Bangun Sekolah di Aceh

0
109
banda aceh, balai kota

BANDA ACEH – Pemerintah Turki akan membangun beberapa sekolah di Provinsi Aceh serta mendatangkan guru-guru langsung dari negara tersebut.

Duta Besar Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz mengemukakan rencana itu dalam pertemuannya dengan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Banda Aceh di balai kota setempat, dilansir dari Antara, Senin (19/6).

Dalam pertemuan itu, Mehmet Kadri dan Wali Kota Banda Aceh serta jajaran membicarakan kerja sama Turki dengan Aceh khususnya Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Kerja sama prioritas adalah bidang pendidikan. Meski begitu, bidang lain seperti pariwisata, ekonomi, seni dan budaya hingga konstruksi juga akan dijajaki,” kata Mehmet Kadri.

Selain membangun beberapa sekolah di Aceh, lanjut dia, pihaknya akan membuka peluang kerja sama bidang konstruksi. Apalagi perusahaan konstruksi Turki yang terbaik di dunia dan bisa saja hadir di Banda Aceh.

“Ada banyak infrastruktur yang bisa dikerjakan perusahaan konstruksi Turki seperti pembangunan jalan dan jalan layang. Dan bisa saja mereka hadir di Banda Aceh,” kata Mehmet.

Menyangkut dengan kerja sama pariwisata, lanjut dia, investor Turki tertarik dengan Aceh. Begitu juga dengan turis Turki, juga tertarik berkunjung ke Aceh. Apalagi sejarah mencatat hubungan Aceh dan Turki pada masa lalu begitu hebat.

Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal menyambut baik rencana pembangunan beberapa sekolah oleh Turki termasuk mendatangkan langsung guru-guru dari Turki.

“Kerja sama Aceh dan Turki sudah ada sejak dulu. Ketika Aceh dan Turki membangun kerja sama, ini adalah kekuatan besar Islam,” kata Hj Illiza Saaduddin Djamal. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Bupati Malinau Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penetapan APBD 2018

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau hadiri rapat paripurna ke IX masa sidang III DPRD kabupaten Malinau tahun 2017 yang diadakan di ruang sidang kantor...
Setya Novanto dan KPK

Pengacara Belum Pastikan Setya Novanto Hadir di Persidangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kuasa Hukum Setya Novanto, Firman Wijaya, menyatakan belum mengetahui apakah kliennya dapat dihadirkan sebagai terdakwa pada sidang perdana perkara tindak pidana korupsi...
Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya meraih predikat "Wilayah Bebas Korupsi" dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Kami mengucapkan terima kasih kepada...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...
Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...