Tingkatkan Perekonomian, Sumbar Dorong Desa Bentuk BUMDes

0
146
  • 12
    Shares
Gubernur Sumatera Barat, Prof Irwan Prayitno (kiri).(foto:Zardi/SERUJI)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendorong desa dan nagari (desa adat) di daerah itu membentuk Badan Usaha Milik Desa/Nagari untuk membantu meningkatkan perekonomian daerah.

“Kita sudah surati kabupaten dan kota agar menyosialisasikan pada desa dan nagari untuk segera membentuk BUMDes,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Sumbar Syafrizal di Padang, Selasa.

Menurut dia, saat ini dari 885 desa dan nagari yang menerima kucuran dana desa, 345 diantaranya telah membentuk BUMDes/Nagari dengan modal awal sekitar Rp50 juta hingga Rp100 juta.

Loading...

Tahun 2018 jumlah BUMDes/Nagari di Sumbar harus ditingkatkan karena berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 4 tahun 2017 tentang Perubahan Permendes Nomor 22 tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2017, kegiatan BUMDes/Nag adalah salah satu prioritas.

Setidaknya menurut Syafrizal pada 2018 jumlah BUMDes/Nag bisa mencapai 500 unit dan 2019 seluruh desa dan nagari sudah memiliki lembaga itu.

Ia menyebutkan BUMDes/Nag memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa, bila dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU