Tim Rescue PKPU HI Sumut Respon Banjir Bandang Madina

MADINA, SERUJI.CO.ID – Pasca terjadinya banjir bandang di Mandailing Natal, Jum’at (15/10) lalu, Tim Rescue PKPU Human Initiative (PKPU HI) Sumatera Utara segera bergerak memberi respon bantuan.

“Kami bantu mengevakuasi mayat. Kebanyakan anak-anak hanyut di sungai,” terang Koordinator Tim Rescue PKPU HI, Mardi Sahendra.

Bencana yang terjadi di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut tersebut telah menelan 17 jiwa diantaranya 12 orang anak SD dan 5 orang dewasa. Sementara 7 orang lainnya luka–luka.

“Selain menelan korban jiwa, bencana ini juga telah memporakporandakan rumah penduduk. Ada 10 unit rumah hanyut dan 14 unit rusak parah tertimbun lumpur dan material kayu,” terang Mardi dalam laporannya.

Hingga hari ini (Selasa, 16/10) Tim Rescue PKPU HI Sumut bersama warga setempat masih melanjutkan aktivitas membersihkan puing-puing sisa bangunan dan batang pohon yang berserakan di jalan.

Adapun warga yang rumahnya dalam keadaan hanyut dan rusak parah terpaksa harus mengungsi di posko yang telah disediakan. Ada sekitar 70 KK lebih saat ini sedang membutuhkan bantuan.

“Mereka butuh makanan siap santap, sembako, obat-obatan, hygiene kit dan selimut untuk tinggal di pengungsian,” terang Mardi.

Menurut SK Bupati Mandailing Natal No. 360/0888/K/2018, masa tanggap darurat berlangsung selama 7 hari hingga 18 Oktober 2018. PKPU Human Initiative terus bergerak untuk memberi Solusi Peduli terhadap warga terdampak. (PKPU HI/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.