Sulit Pasarkan Produk, Praktisi: Pemerintah Perlu Tindaklanjuti Bank Sampah

PADANG, SERUJI.CO.ID – Praktisi bidang pengelolaan sampah Sumbar Syaifuddin Islami mengatakan pemerintah perlu menindaklanjuti perkembangan bank sampah di beberapa sentra.

“Bank Sampah tidak akan jalan bila pasarnya tidak ada, ini perlu diperhatikan, ” ujarnya di Padang, Ahad (24/2).

Menurutnya dengan menjamin pasar dari bank sampah akan memotivasi pelaku dalam mengembangkan usahanya tersebut.

Saat ini puluhan bank sampah yang ada di Sumbar cenderung sendirian dalam memasarkan produknya, meskipun ada bantuan dari swasta, harga yang ditawarkan sering berubah akibatnya pelaku bank sampah kesulitan dalam memasarkan produknya.

Seharusnya, kata Syaifuddin, produk daur ulang sampah dari bank sampah itu dicarikan peluang pasar oleh pemerintah.

“Persoalan pasar itu menyebabkan beberapa bank sampah di Sumbar tidak berjalan meski telah terbentuk,” kata dia.

Dari 96 bank sampah yang tercatat di Sumbar hanya 56 yang aktiif di beberapa daerah seperti Bukittinggi, Sijunjung, Solok dan Padang.

Menurutnya sampah yang dibuang masyarakat kemudian disalurkan ke tempat pembuangan seharusnya diiringi dengan proses pemilahan sehingga barang yang potensial di daur ulang didapatkan dengan mudah.

“Harus ada komitmen antara pemerintah dan masyarakat terkait pengembangan tersebut. Bila sinergitas ini terjadi, bank sampah akan menjadi salah satu solusi pengurangan volume sampah di daerah, ” kata Syaifuddin.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang Al Amin mengatakan pemerintah senantiasa mendorong masyarakat dalam pengelolaan sampah terpadu.

Selain itu, kata dia, partisipasi masyarakat untuk ikut serta masih minim, sedangkan program terus digalakkan.

Menurutnya sinergitas antara program dan upaya masyarakat harus diwujudkan untuk kebersihan lingkungan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Krisis Akal Budi

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER