Sepanjang Bulan Mei 2019, Bengkalis Hadapi 20 Kebakaran Lahan

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menghadapi 20 kejadian kebakaran lahan sepanjang bulan Mei 2019 menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Pada Mei 2019 kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis didominasi kebakaran lahan dan perkebunan, ada 20 kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang telah ditangani,” kata Kepala BPBD Bengkalis, Tajul Mudaris, Sabtu (22/6).

Tajul menjelaskan, selama 1-3 Mei kebakaran lahan terjadi di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) di Kecamatan Bathin Solapan dan kawasan Jalan Jend. Sudirman di Koto Pait Beringin di Kecamatan Talang Muandau, dan kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Dusun Permai, Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

Pada 4 Mei, kebakaran di lahan yang berada di kawasan Jalan Siak, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan dan lahan gambut di Jalan Tegar, Kecamatan Mandau.

Kebakaran pada 6-8 Mei terjadi di lahan gambut yang ada di area perusahaan kelapa sawit di Jalan PU, Kecamatan Rupat dan area perkebunan karet di Jalan Jeram, Kecamatan Rupat, serta lahan di Jalan Rangau KM 11, Kecamatan Bathin Solapan dan Jalan Jend. Sudirman, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya, tanggal 9-13 Mei, kebakaran lahan terjadi di perkebunan karet di Jalan Stadion, Kecamatan Bukit Batu, kawasan Jalan 125 RT, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan, perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, kawasan Jalan Siak Gang Nangka, Kecamatan Bathin Solapan, dan kawasan Jalan Jend. Sudirman KM 3, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Kebakaran lahan selama kurun itu juga terjadi di kawasan Jalan Hasan, Desa Bantan Sari, Kecamatan Bantan, kawasan Jalan Syahdan, Kecamatan Rupat, dan kawasan Jend. Sudirman, Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22-27 Mei, kebakaran lahan terjadi di kawasan Jalan Mekar Sari di Kecamatan Rupat dan daerah Rampang di Kecamatan Rupat. Pada hari berikutnya, lahan gambut di perkebunan di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, terbakar.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada,” kata Tajul.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi