Sepanjang Bulan Mei 2019, Bengkalis Hadapi 20 Kebakaran Lahan

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menghadapi 20 kejadian kebakaran lahan sepanjang bulan Mei 2019 menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Pada Mei 2019 kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis didominasi kebakaran lahan dan perkebunan, ada 20 kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang telah ditangani,” kata Kepala BPBD Bengkalis, Tajul Mudaris, Sabtu (22/6).

Tajul menjelaskan, selama 1-3 Mei kebakaran lahan terjadi di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) di Kecamatan Bathin Solapan dan kawasan Jalan Jend. Sudirman di Koto Pait Beringin di Kecamatan Talang Muandau, dan kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Dusun Permai, Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

Pada 4 Mei, kebakaran di lahan yang berada di kawasan Jalan Siak, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan dan lahan gambut di Jalan Tegar, Kecamatan Mandau.

Kebakaran pada 6-8 Mei terjadi di lahan gambut yang ada di area perusahaan kelapa sawit di Jalan PU, Kecamatan Rupat dan area perkebunan karet di Jalan Jeram, Kecamatan Rupat, serta lahan di Jalan Rangau KM 11, Kecamatan Bathin Solapan dan Jalan Jend. Sudirman, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya, tanggal 9-13 Mei, kebakaran lahan terjadi di perkebunan karet di Jalan Stadion, Kecamatan Bukit Batu, kawasan Jalan 125 RT, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan, perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, kawasan Jalan Siak Gang Nangka, Kecamatan Bathin Solapan, dan kawasan Jalan Jend. Sudirman KM 3, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Kebakaran lahan selama kurun itu juga terjadi di kawasan Jalan Hasan, Desa Bantan Sari, Kecamatan Bantan, kawasan Jalan Syahdan, Kecamatan Rupat, dan kawasan Jend. Sudirman, Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22-27 Mei, kebakaran lahan terjadi di kawasan Jalan Mekar Sari di Kecamatan Rupat dan daerah Rampang di Kecamatan Rupat. Pada hari berikutnya, lahan gambut di perkebunan di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, terbakar.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada,” kata Tajul.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER