Sepanjang Bulan Mei 2019, Bengkalis Hadapi 20 Kebakaran Lahan


BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menghadapi 20 kejadian kebakaran lahan sepanjang bulan Mei 2019 menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Pada Mei 2019 kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis didominasi kebakaran lahan dan perkebunan, ada 20 kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang telah ditangani,” kata Kepala BPBD Bengkalis, Tajul Mudaris, Sabtu (22/6).

Tajul menjelaskan, selama 1-3 Mei kebakaran lahan terjadi di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) di Kecamatan Bathin Solapan dan kawasan Jalan Jend. Sudirman di Koto Pait Beringin di Kecamatan Talang Muandau, dan kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Dusun Permai, Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

Pada 4 Mei, kebakaran di lahan yang berada di kawasan Jalan Siak, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan dan lahan gambut di Jalan Tegar, Kecamatan Mandau.

Kebakaran pada 6-8 Mei terjadi di lahan gambut yang ada di area perusahaan kelapa sawit di Jalan PU, Kecamatan Rupat dan area perkebunan karet di Jalan Jeram, Kecamatan Rupat, serta lahan di Jalan Rangau KM 11, Kecamatan Bathin Solapan dan Jalan Jend. Sudirman, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya, tanggal 9-13 Mei, kebakaran lahan terjadi di perkebunan karet di Jalan Stadion, Kecamatan Bukit Batu, kawasan Jalan 125 RT, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan, perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, kawasan Jalan Siak Gang Nangka, Kecamatan Bathin Solapan, dan kawasan Jalan Jend. Sudirman KM 3, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Kebakaran lahan selama kurun itu juga terjadi di kawasan Jalan Hasan, Desa Bantan Sari, Kecamatan Bantan, kawasan Jalan Syahdan, Kecamatan Rupat, dan kawasan Jend. Sudirman, Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22-27 Mei, kebakaran lahan terjadi di kawasan Jalan Mekar Sari di Kecamatan Rupat dan daerah Rampang di Kecamatan Rupat. Pada hari berikutnya, lahan gambut di perkebunan di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, terbakar.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada,” kata Tajul.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close