Sepanjang Bulan Mei 2019, Bengkalis Hadapi 20 Kebakaran Lahan

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menghadapi 20 kejadian kebakaran lahan sepanjang bulan Mei 2019 menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Pada Mei 2019 kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis didominasi kebakaran lahan dan perkebunan, ada 20 kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang telah ditangani,” kata Kepala BPBD Bengkalis, Tajul Mudaris, Sabtu (22/6).

Tajul menjelaskan, selama 1-3 Mei kebakaran lahan terjadi di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) di Kecamatan Bathin Solapan dan kawasan Jalan Jend. Sudirman di Koto Pait Beringin di Kecamatan Talang Muandau, dan kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Dusun Permai, Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

Pada 4 Mei, kebakaran di lahan yang berada di kawasan Jalan Siak, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan dan lahan gambut di Jalan Tegar, Kecamatan Mandau.

Kebakaran pada 6-8 Mei terjadi di lahan gambut yang ada di area perusahaan kelapa sawit di Jalan PU, Kecamatan Rupat dan area perkebunan karet di Jalan Jeram, Kecamatan Rupat, serta lahan di Jalan Rangau KM 11, Kecamatan Bathin Solapan dan Jalan Jend. Sudirman, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya, tanggal 9-13 Mei, kebakaran lahan terjadi di perkebunan karet di Jalan Stadion, Kecamatan Bukit Batu, kawasan Jalan 125 RT, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan, perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, kawasan Jalan Siak Gang Nangka, Kecamatan Bathin Solapan, dan kawasan Jalan Jend. Sudirman KM 3, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Kebakaran lahan selama kurun itu juga terjadi di kawasan Jalan Hasan, Desa Bantan Sari, Kecamatan Bantan, kawasan Jalan Syahdan, Kecamatan Rupat, dan kawasan Jend. Sudirman, Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22-27 Mei, kebakaran lahan terjadi di kawasan Jalan Mekar Sari di Kecamatan Rupat dan daerah Rampang di Kecamatan Rupat. Pada hari berikutnya, lahan gambut di perkebunan di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, terbakar.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada,” kata Tajul.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER