Ratusan Polisi Diturunkan Untuk Pengamanan Tradisi “Balimau”

0
102
Tradisi Balimau di Minangkabau. (foto: istimewa)

PADANG – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat, mengerahkan 835 personel untuk mengamankan tradisi “Balimau” atau tradisi mandi menggunakan jeruk nipis sebelum masuk bulan Ramadhan yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, menyebutkan para personel itu terdiri anggota Polresta Padang, Polda Sumbar dan dibantu instansi lainnya. Personel tersebut akan dikerahkan ke sejumlah lokasi pemandian atau sungai dan pantai yang biasa digunakan warga sebagai tempat balimau.

“Sebanyak 47 lokasi yang biasanya dijadikan lokasi ‘balimau’. Kami akan melakukan pengamanan terpadu di lokasi-lokasi tersebut,” ujar Chairul di Padang, Selasa (23/5).

Chairul menyebutkan pelaksanaan pengamanan itu tidak menetap karena tidak mendirikan posko pengamanan namun bersifat dinamis.

“Polresta Padang menurunkan 500 personel ditambah 90 personel Sabhara Polda Sumbar, 30 personel Polair Polda Sumbar sisanya dibantu oleh instansi lainnya,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa dalam bertugas di lapangan, Polres tetap bekerja sama dengan semua elemen masyarakat, Kodim 0312 Padang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD Padang, PMI, Orari dan Senkom Kota Padang.

Ia menjelaskan pengamanan bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di lokasi itu. Selain itu untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas karena pada umumnya warga menggunakan sepeda motor ke lokasi pemandian.

“Kita akan melakukan patroli setiap saat di sejumlah tempat pemandian dalam meminimalisasi gangguan keamanan baik datang dari dalam maupun luar dan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian. Tradisi ini telah berlangsung sejak berabad-abad lalu dalam rangka membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan.

 

EDITOR: Iwan S

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...