Ratusan Polisi Diturunkan Untuk Pengamanan Tradisi “Balimau”

0
136
Tradisi Balimau di Minangkabau. (foto: istimewa)

PADANG – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat, mengerahkan 835 personel untuk mengamankan tradisi “Balimau” atau tradisi mandi menggunakan jeruk nipis sebelum masuk bulan Ramadhan yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, menyebutkan para personel itu terdiri anggota Polresta Padang, Polda Sumbar dan dibantu instansi lainnya. Personel tersebut akan dikerahkan ke sejumlah lokasi pemandian atau sungai dan pantai yang biasa digunakan warga sebagai tempat balimau.

“Sebanyak 47 lokasi yang biasanya dijadikan lokasi ‘balimau’. Kami akan melakukan pengamanan terpadu di lokasi-lokasi tersebut,” ujar Chairul di Padang, Selasa (23/5).

Chairul menyebutkan pelaksanaan pengamanan itu tidak menetap karena tidak mendirikan posko pengamanan namun bersifat dinamis.

“Polresta Padang menurunkan 500 personel ditambah 90 personel Sabhara Polda Sumbar, 30 personel Polair Polda Sumbar sisanya dibantu oleh instansi lainnya,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa dalam bertugas di lapangan, Polres tetap bekerja sama dengan semua elemen masyarakat, Kodim 0312 Padang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD Padang, PMI, Orari dan Senkom Kota Padang.

Ia menjelaskan pengamanan bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di lokasi itu. Selain itu untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas karena pada umumnya warga menggunakan sepeda motor ke lokasi pemandian.

“Kita akan melakukan patroli setiap saat di sejumlah tempat pemandian dalam meminimalisasi gangguan keamanan baik datang dari dalam maupun luar dan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian. Tradisi ini telah berlangsung sejak berabad-abad lalu dalam rangka membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan.

 

EDITOR: Iwan S

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...