Ratusan Hektar Lahan Gambut Rokan Hilir Terbakar

ROKAN HILIR, SERUJI.CO.ID – Lahan gambut seluas 260 hektar di Tanah Putih Tanjung Melawan dan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau kembali terbakar, Senin (9/4).

Kapolres Rokan Hilir AKPB Sigit Adi Wuryanto di Tanah Putih, Senin (9/4) malam, mengatakan dari 260 hektar lahan gambut yang terbakar tersebut, 250 hektar di antaranya berada di Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, sedangkan 10 hektar berlokasi di PT Johanes Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih.

“Pelaku masih dalam lidik, sementara lokasi lahan yang terbakar dipasang ‘police line’,” kata Wuryanto yang memimpin langsung pemadaman itu.

Ia mengatakan khusus di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, upaya pemadaman dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB, dengan menurunkan tim gabungan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) dari Polres Rokan Hilir dan Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan, serta dibantu TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Masyarakat Peduli Api Menggala Agni bersama masyarakat setempat.

“Dari Polri sendiri dikerahkan sebanyak 50 personel, sedangkan dari TNI, BPBD Rohil, Menggala Agni dan masyarakat masing-masing 10 personel,” kata dia.

Dalam pemadaman itu, katanya, peralatan yang digunakan berupa satu truk, lima kendaraan roda empat, dan 12 kendaraan roda dua, dua mesin shibahura, dua mesin kohrel, lima mesin mini straiker, satu mesin robin, dan 64 gulung selang.

“Hingga pukul 17.00 WIB pemadaman dihentikan meski api masih menyala. Namun mengingat hari sudah sore tidak dapat mendukung kegiatan pemadaman sehingga kegiatan dihentikan. Besok pagi tim akan diturunkan kembali ke lokasi hingga api benar-benar padam dan personel akan ditambah lebih banyak lagi,” ujar dia.

Di lahan gambut yang terbakar di lokasi PT Johanes Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih seluas 10 hektar, pihaknya menurunkan 10 personel Tim Karlahut gabungan dari Polsek Tanah Putih.

Pemadaman lahan gambut di daerah itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Tanah Putih Kompol Sanusi yang dimulai pukul 13.00 WIB.

“Untuk lokasi PT Johanes di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih ini, terakhir pukul 17.00 WIB api telah padam dan hanya menyisakan asap. Tidak menutup kemungkinan bila angin kencang api akan kembali menyala,” tuturnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER