Ratusan Burung Kolibri Diamankan BKSDA

JAMBI, SERUJI.CO.ID– Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi mengamankan 340 ekor burung kolibri yang termasuk ungas dilindungi oleh undang undang.

Kepala Sub-Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) BKSDA Jambi Teguh Sriyanto di Jambi, Jumat (25/5) mengatakan ratusan burung kolibri dan dua ekor burung pelatuk diamankan dari salah satu pengepul burung ilegal yang akan dijual dalam pasar gelap di Pulau Jawa.

Pelaku berinsial SH, diamankan dari kediamannya di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, pada Kamis (24/5) dan dari rumah pelaku diamankan ratusan burung tersebut yang akan dikirim ke Pulau Jawa melalui perdagangan ilegal.

“Kini yang bersangkutan SH sedang menjalani pemeriksaan di Polda Jambi karena kasus tersebut dilimpahkan penyidikannya ke Polda,” kata Teguh.

Ratusan ekor burung kolibri berbagai jenis itu oleh BKSDA Jambi akan langsung dilepaskanliarkan di kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Dikatakan Teguh Sriyanto, pelepasliaran itu sudah bekerja sama dengan penyidik karena pihaknya tidak ingin satwa dilindungi yang diamankan itu mati sehingga harus segera dilepasliarkan di alam bebas.

Pelepasanliaran itu dilakukan untuk menjaga kelestarian satwa. Dimana ke-340 ekor burung kolibri memiliki peranan penting di alam.

Dari hasil penyelidikan tim BKSDA harga per ekor burung kolibri di Jambi dijual berkisar Rp50 ribu hingga Rp150 ribu dan selanjutnya, harga tersebut akan meningkat jika dibawa ke pulau Jawa. Untuk di Jawa, per ekor Kokibri dihargai Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Islam Nusantara

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER