Rakor Gubernur Se-Sumatera Bahas Percepatan Pembangunan Infrastuktur

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan salah satu yang menjadi pembahasan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera 2017 adalah percepatan pembangunan infrastruktur.

Dalam Rakor yang digelar di salah satu hotel di Jambi, Senin (9/10), Zola mengungkapkan percepatan pembangunan di wilayah Sumatera salah satunya Jambi merupakan hal yang mendesak untuk dilaksanakan, mengingat wilayah Sumatera merupakan pusat kegiatan ekonomi terbesar ke-dua setelah Pulau Jawa.

“Artinya jika infrastruktur dasar wilayah Sumatera telah tersedia dengan baik, maka secara bertahap investasi yang selama ini hanya terpusat di wilayah Jawa, sebagian akan bergeser ke wilayah Sumatera. Pada sisi lain ketimpangan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa akan menurun,” katanya.

Zola menjelaskan, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), wilayah Pulau Sumatera telah ditetapkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2014-2019.

Dimana wilayah Sumatera adalah salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan lumbung energi nasional, yang diarahkan untuk pengembangan hilirisasi komoditas batubara, serta industri berbasis komoditas kelapa sawit, karet, timah, bauksit dan kaolin.

Sebab itu dirinya berharap Rakor gubernur se-Sumatera mendorong percepatan pembangunan di wilayah Sumatera, untuk meningkatkan perekonomian dan daya saing daerah yang selanjutnya akan turut meningkatkan perekonomian nasional.

Rapat koordinasi gubernur se-Sumatera dengan tema “peningkatan peran swasta dalam pembangunan regional Sumatera dalam rangka peningkatan kontribusi terhadap ekonomi nasional” itu dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta perwakilan Kementerian BUMN dan perwakilan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Zola mengatakan peningkatan peran swasta dalam pembangunan regional Sumatera penting dilakukan karena swasta mempunyai peran utama dalam pembangunan ekonomi, terutama dalam peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja dan percepatan inovasi teknologi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam kesempatan itu berharap adanya peran aktif dari seluruh Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan pambangunan, termasuk dalam pembebasan lahan untuk pembangunan infrastrukur.

“Musrenbang se-provinsi di Sumatera harus disinkronkan dengan Musrenbang se-Sumatera,” ujar Mendagri.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Renungan di Hari Guru

Seseorang boleh disebut guru pada saat dia mendidik sekaligus dengan memberi teladan. Seseorang disebut murid pada saat dia belajar sesuatu dan berusaha melakukan teladan sang guru.