Polisi Sumsel Awasi Praktik Politik Uang

BATURAJA, SERUJI.CO.ID – Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan memperketat pengawasan praktik politik uang yang dilakukan tim sukses pasangan calon kepala daerah guna memperoleh suara masyarakat pada Pilkada Sumsel 2018.

“Praktik politik uang ini biasanya marak terjadi menjelang pemilu sebagai upaya calon kepala daerah memperoleh suara terbanyak dengan memberikan sejumlah uang kepada masyarakat,” kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari di Baturaja, Selasa (17/4).

Kapolres mengajak masyarakat di wilayah itu untuk menghindari praktik politik uang agar tercipta Pilkada yang jujur dan adil.

“Selain itu politik uang juga penting untuk dihindari karena ada pidananya bagi pemberi maupun yang menerima,” katanya.

Menurut dia, politik uang merusak tatanan demokrasi yang jujur dan adil sehingga penting untuk dihindari khususnya bagi masyarakat agar tidak tersandung hukum.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kata dia, Satuan Tugas (Satgas) sentra Gakumdu yang sudah dibentuk sebelumnya akan ditugaskan mengawasi jalannya pemilihan Gubernur Sumsel pada Juni 2018.

“Sentra Gakumdu ini terbentuk dari tim terdiri atas anggota kepolisian setempat, Panwaslu OKU dan pihak dari kejaksaan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat di wilayah itu untuk mengawasi praktik politik uang di lingkungan sekitar dan memaksimalkan fungsi personel dari intelijen dan bhabinkamtibmas sebagai upaya pencegahan dini.

“Kami juga mengedepankan fungsi Bhabinkamtibmas dan intelijen untuk mengawasi jalannya proses Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Sumsel nanti,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER