Polisi Sumsel Awasi Praktik Politik Uang

0
10
politik uang

BATURAJA, SERUJI.CO.ID – Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan memperketat pengawasan praktik politik uang yang dilakukan tim sukses pasangan calon kepala daerah guna memperoleh suara masyarakat pada Pilkada Sumsel 2018.

“Praktik politik uang ini biasanya marak terjadi menjelang pemilu sebagai upaya calon kepala daerah memperoleh suara terbanyak dengan memberikan sejumlah uang kepada masyarakat,” kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari di Baturaja, Selasa (17/4).

Kapolres mengajak masyarakat di wilayah itu untuk menghindari praktik politik uang agar tercipta Pilkada yang jujur dan adil.

“Selain itu politik uang juga penting untuk dihindari karena ada pidananya bagi pemberi maupun yang menerima,” katanya.

Menurut dia, politik uang merusak tatanan demokrasi yang jujur dan adil sehingga penting untuk dihindari khususnya bagi masyarakat agar tidak tersandung hukum.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kata dia, Satuan Tugas (Satgas) sentra Gakumdu yang sudah dibentuk sebelumnya akan ditugaskan mengawasi jalannya pemilihan Gubernur Sumsel pada Juni 2018.

“Sentra Gakumdu ini terbentuk dari tim terdiri atas anggota kepolisian setempat, Panwaslu OKU dan pihak dari kejaksaan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat di wilayah itu untuk mengawasi praktik politik uang di lingkungan sekitar dan memaksimalkan fungsi personel dari intelijen dan bhabinkamtibmas sebagai upaya pencegahan dini.

“Kami juga mengedepankan fungsi Bhabinkamtibmas dan intelijen untuk mengawasi jalannya proses Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Sumsel nanti,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
palu hakim

Hakim Vonis Edy Rumpoko Tiga Tahun Penjara

SIDOARJO, SERUJI.CO.ID - Majelis hakim yang diketuai oleh Unggul Warso Mukti memvonis mantan Wali Kota Batu, Jawa Timur, Edy Rumpoko selama tiga tahun kurungan...
Miras

Polres Pamekasan Musnahkan Ratusan Botol Miras

PAMEKASAN, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Pamekasan, Jawa Timur, Jumat memusnahkan ratusan botol minuman keras hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2018 yang digelar Polres setempat...
Tim Pemantau Medsos

Soekarwo Ajak Forkopimda Berantas Miras Oplosan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengajak Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk memberantas penyakit sosial di tengah masyarakat yang semakin meresahkan, salah...
mahkamah konstitusi

Mahkamah Konstitusi Kabulkan Sebagian Uji UU KUP

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan pengujian aturan kuasa hukum wajib pajak yang tercantum dalam UU ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan...
yasonna laoly, menkumham

Menkumham Resmikan Pemberian Remisi Sistem Online

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) meresmikan pemberian remisi, pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, dan asimilasi kepada narapidana melalui sistem online. "Hari ini,...