Polda Bangka Belitung Musnahkan Ribuan Liter Miras

0
13
Miras
Pemusnahan ribuan botol minuman keras. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung memusnahkan barang bukti berupa ribuan liter minuman keras hasil produksi rumah tangga menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah.

“Totalnya ada lima drum dan 67 jerigen arak, 574 botol miras berkadar alkohol di atas 15 persen, 180 minuman keras yang dibungkus plastik, 10 ember bahan baku arak dan satu guci arak yang sudah dikemas,” kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Syaiful Zachri di Pangkalpinang, Rabu (16/5).

Ribuan liter minuman keras tersebut berasal dari 32 orang tersangka yang bertindak sebagai pembuat dan penjual, terdiri atas 28 tersangka laki-laki dan empat orang perempuan.

Syaiful mengatakan, maraknya penyalahgunaan minuman keras sudah menjadi penyakit masyarakat sekaligus peringatan bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap keluarga agar tidak terlibat penyalahgunaannya, termasuk juga penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang.

“Peredaran minuman keras di Babel cukup memprihatinkan walaupun sudah sering dilakukan razia. Dampaknya juga sudah menjurus kepada kemerosotan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama dalam memerangi penyalahgunaan minuman keras, narkoba dan obat-obatan terlarang yang dimulai dari lingkungan terdekat.

“Kami menargetkan zero penyalahgunaan minuman keras selama Ramadan. Untuk itu peran serta masyarakat untuk mulai terlibat memberikan informasi kepada aparat penegak hukum agar bisa mengambil tindakan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh organisasi masyarakat atau kelompok masyarakat agar tidak melakukan “sweeping” tempat hiburan sendiri tanpa keterlibatan pihak penegak hukum.

“Lebih baik serahkan saja kepada kami untuk menindaknya. Jangan bertindak sendiri dan sampaikan informasinya ke kami. Kalau ada ormas yang melakukan ‘sweeping’, saya pastikan akan menindak tegas,” ujarnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...