Peternak Lele Terima Bantuan Empat Kolam Bioflok

BATURAJA, SERUJI.CO.ID – Peternak lele di Kelurahan Talang Jawa, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerima bantuan empat kolam bioflok guna mendukung budi daya ikan tersebut dengan sistem ozonisasi.

“Empat kolam bioflok ini kami berikan untuk membantu kelompok pembudidaya ikan lele di Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat,” kata Pendiri Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia Ogan Komering Ulu , Hendra A Setyawan, di Baturaja, Selasa (22/5).

Dia mengatakan sebelumnya kelompok pembudidaya tersebut juga dibantu oleh pihaknya dua kolam bioflok untuk membudidayakan ikan lele dengan sistem ozonisasi sekaligus diberikan bantuan 4.000 bibit ikan.

“Jadi jumlahnya sekarang ini ada enam kolam bioflok untuk dikelola para pembudidaya ikan lele di Kelurahan Talang Jawa guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Sebanyak 4.000 bibit lele yang diberikan pihaknya sekitar tiga pekan lalu tersebut, berkembang dengan pesat karena saat ini ukuran ikan sudah mencapai 12-13 centimeter.

Dia mengungkapkan budi daya ikan yang mulai menunjukkan hasil itu membuat pihaknya makin optimistis bahwa langkah tersebut dapat menjadikan Kelurahan Talang Jawa sebagai sentra pelatihan dalam membudidayakan lele dengan sistem ozonisasi.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu dengan penambahan bantuan empat kolam bunglon ini. Sebab, jika kolamnya banyak maka penyortiran bibit lele akan semakin mudah,” kata dia.

Penyortiran atau pemisahan induk dan anak ikan, lanjut dia, agar bibit lele yang masih kecil tidak mati dimakan oleh indukan karena ikan tersebut termasuk jenis kanibal.

“Selain itu, dengan enam kolam ikan dapat dipanen dua pekan sekali dengan asumsi keuntungan hasil setiap kolam 3-4 kuintal ikan dijual seharga Rp17.000 per kilogram atau perolehan laba bersih mencapai 3-4 juta rupiah sekali panen sudah dipotong biaya pakan,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER