Pemprov Sumsel Maksimalkan Pencegahan Karhutla

0
12
Ilustrasi kebakaran hutan (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui pelatihan dan penyuluhan agar kabut asap tidak terjadi seperti pada 2015.

Bukan itu saja tetapi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga kabut asap tidak boleh terjadi, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Kamis (17/5).

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya melaksanakan pelatihan penggunaan pompa pemadam kebakaran hutan dan lahan yang dibuka Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Syaipudin.

Pelatihan itu penting mengingat wilayah Sumsel cukup luas dengan kondisi alam beragam sehingga perlu persiapan dini, ujar dia.

Oleh karena itu pelatihan penggunaan pompa tersebut untuk meningkatkan kemampuan personil dalam menghadapi bila terjadi titik api di wilayah Sumsel, kata dia.

Selain itu juga pihaknya rutin melaksanakan penyuluhan agar masyarakat tidak membakar dalam membuka lahan perkebunan.

Menurut dia, begitu juga jajaran Korem 044/Garuda Dempo rutin melaksanakan apel siaga pencegahan kebakaran hutan dan lahan di kabupaten dan kota yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan.

Kesemuanya itu dilakukan supaya pada 2018 Sumsel tidak ada kabut asap terutama saat pelaksanaan pesta olahraga internasional, Agustus mendatang.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin minta semua instansi terkait untuk mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Itu penting karena bila terjadi kebakaran hutan dan lahan bukan saja akan timbul kabut asap tetapi kerugian material akan cukup banyak sehingga harus dicegah bersama, tambah dia. (Ant/SU02)

loading...
BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...