Pemprov Jambi Berencana Naikkan HET Elpiji 3 Kilogram

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jambi berencana menaikkan harga eceran tertinggi (HET) gas subsidi tiga kilogram sebagai upaya menghindari kelangkaan gas akibat harga yang tidak stabil.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto di Jambi, Kamis (19/4), mengatakan seluruh kabupaten/kota di Jambi merespons baik rencana kenaikan HET elpiji subsidi tiga kilogram itu dengan catatan stoknya tersedia dan tidak terjadi kelangkaan.

“Guna membahas lebih lanjut mengenai rencana kenaikan HET elpiji subsidi, kami akan membentuk tim untuk mengkaji pada kisaran berapa HET yang baru serta membentuk tim untuk mengawasi di lapangan, agar harga nantinya di semua agen tetap sama,” kata Dianto.

Dia mengatakan kenaikan HET elpiji subsidi ini juga bertujuan untuk mengendalikan HET di kalangan para agen supaya harga tidak liar dan meminta pihak Hiswana Migas untuk melakukan pencerahan dan pengawasan kepada para agen yang menyalurkan elpiji subsidi ke kabupaten/kota, agar menjual elpiji subsidi itu kepada orang yang tepat.

“Kita menaikkan HET ini karena ingin mengendalikan harga di kalangan para agen serta tidak mengalami kenaikan dalam rentang waktu yang lama, di mana tingkat inflasi juga telah mengalami perubahan sesuai dengan kondisi saat ini.

Dianto mengatakan untuk kelayakan kenaikan HET yang baru serta pelaksanaannya, nanti akan ditentukan oleh tim setelah melakukan beberapa kajian dan diputuskan dengan SK Gubernur Jambi.

Menurutnya HET saat ini memang tidak stabil. Apalagi HET itu sendiri ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Jambi terakhir pada tahun 2014 dan sampai saat ini belum ada kenaikan.

Dianto berharap sekaligus menekankan agar dengan usulan penyesuaian HET, tidak terjadi kelangkaan stok gas tabung tiga kilogram dan harga di masyarakat tidak liar.

“Sudah sekitar empat tahun HET ini tidak mengalami kenaikan, SK Gubernur Jambi terakhir mengenai HET ini pada tahun 2014. Jadi sudah sewajarnya HET ini disesuaikan dengan kondisi di lapangan, seiring dengan usulan dari pemerintah kabupaten/kota untuk menaikkan HET elpiji subsidi itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi dan Perekonomian SDA Setda Provinsi Jambi Muktamar Hamdi mengatakan penyesuaian HET elpiji subsidi merupakan usulan dari pemerintah kabupaten/kota, serta pihak Hiswana Migas, yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Sesuai dengan regulasinya, kenaikan HET ini mempertimbangkan inflasi yang terjadi, kenaikan bahan bakar minyak, kenaikan suku cadang dan beberapa kenaikan lainnya yang telah terjadi saat ini,” katanya.

Ia berharap hasil kesepakatan bersama dalam mengambil kebijakan ini bisa menguntungkan semua pihak, baik masyarakat maupun pihak Hiswana Migas sebagai penyalur elpiji subsidi.

Sebelumnya Pemprov Jambi bersama pemerintah kabupaten/kota menggelar rapat pembahasan usulan penyesuaian HET subsidi tabung tiga kilogram tersebut. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER