Pemprov Jambi Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jambi akan rutin memantau ke pasar-pasar tradisional di daerah itu sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat tersedia menghadapi bulan Ramadhan tahun ini.

“Ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat harus tercukupi ketika momentum seperti hari keagamaan agar harga tidak mengalami kenaikan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto di Jambi, Kamis (26/4).

Saat ini kata Dianto, Pemprov Jambi juga tengah melakukan analisis ketersediaan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi itu.

“Dalam menghadapi hari besar keagamaan yakni bulan puasa dan lebaran, Tim Satgas pangan juga akan memantau seluruh pasar tradisional yang ada di Jambi guna menekan kenaikan harga,” katanya menjelaskan.

Dianto juga berharap pemerintah kabupaten/kota termasuk masyarakat untuk dapat juga memantau agar ketersediaan pangan selalu tercukupi dan harga tetap stabil.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi mengatakan ketersediaan pangan yang mencukupi menjadi salah satu tugas penting Dinas Ketahanan Pangan baik provinsi maupun kabupaten/kota serta dibantu masyarakat.

Amir mengatakan setiap tahun menjelang hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran, ketersediaan pangan selalu dianalisa agar dapat diketahui mana yang menjadi kebutuhan masyarakat selama ini.

“Berdasarkan analisa, masyarakat di Provinsi Jambi masih ketergantungan kepada padi-padian dan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh,” katanya.

Selain itu pihaknya sudah melakukan rakor pangan se-provinsi bersama pihak terkait dalam memenuhi stok pangan guna kebutuhan saat bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Dan saat ini kita sedang melakukan kajian dengan distributor di Jambi untuk mengantisipasi kekurangan stok dan kenaikan harga,” katanya menambahkan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Indonesia Darurat Keadilan