close

Pemprov Jambi Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jambi akan rutin memantau ke pasar-pasar tradisional di daerah itu sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat tersedia menghadapi bulan Ramadhan tahun ini.

“Ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat harus tercukupi ketika momentum seperti hari keagamaan agar harga tidak mengalami kenaikan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto di Jambi, Kamis (26/4).

Saat ini kata Dianto, Pemprov Jambi juga tengah melakukan analisis ketersediaan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi itu.

“Dalam menghadapi hari besar keagamaan yakni bulan puasa dan lebaran, Tim Satgas pangan juga akan memantau seluruh pasar tradisional yang ada di Jambi guna menekan kenaikan harga,” katanya menjelaskan.


Dianto juga berharap pemerintah kabupaten/kota termasuk masyarakat untuk dapat juga memantau agar ketersediaan pangan selalu tercukupi dan harga tetap stabil.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi mengatakan ketersediaan pangan yang mencukupi menjadi salah satu tugas penting Dinas Ketahanan Pangan baik provinsi maupun kabupaten/kota serta dibantu masyarakat.

Amir mengatakan setiap tahun menjelang hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran, ketersediaan pangan selalu dianalisa agar dapat diketahui mana yang menjadi kebutuhan masyarakat selama ini.

“Berdasarkan analisa, masyarakat di Provinsi Jambi masih ketergantungan kepada padi-padian dan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh,” katanya.

Selain itu pihaknya sudah melakukan rakor pangan se-provinsi bersama pihak terkait dalam memenuhi stok pangan guna kebutuhan saat bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Dan saat ini kita sedang melakukan kajian dengan distributor di Jambi untuk mengantisipasi kekurangan stok dan kenaikan harga,” katanya menambahkan. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER