Pemprov Jambi Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jambi akan rutin memantau ke pasar-pasar tradisional di daerah itu sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat tersedia menghadapi bulan Ramadhan tahun ini.

“Ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat harus tercukupi ketika momentum seperti hari keagamaan agar harga tidak mengalami kenaikan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto di Jambi, Kamis (26/4).

Saat ini kata Dianto, Pemprov Jambi juga tengah melakukan analisis ketersediaan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi itu.

“Dalam menghadapi hari besar keagamaan yakni bulan puasa dan lebaran, Tim Satgas pangan juga akan memantau seluruh pasar tradisional yang ada di Jambi guna menekan kenaikan harga,” katanya menjelaskan.


Dianto juga berharap pemerintah kabupaten/kota termasuk masyarakat untuk dapat juga memantau agar ketersediaan pangan selalu tercukupi dan harga tetap stabil.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi mengatakan ketersediaan pangan yang mencukupi menjadi salah satu tugas penting Dinas Ketahanan Pangan baik provinsi maupun kabupaten/kota serta dibantu masyarakat.

Amir mengatakan setiap tahun menjelang hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran, ketersediaan pangan selalu dianalisa agar dapat diketahui mana yang menjadi kebutuhan masyarakat selama ini.

“Berdasarkan analisa, masyarakat di Provinsi Jambi masih ketergantungan kepada padi-padian dan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh,” katanya.

Selain itu pihaknya sudah melakukan rakor pangan se-provinsi bersama pihak terkait dalam memenuhi stok pangan guna kebutuhan saat bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Dan saat ini kita sedang melakukan kajian dengan distributor di Jambi untuk mengantisipasi kekurangan stok dan kenaikan harga,” katanya menambahkan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Politisi Kampungan

Sandiaga: Layanan Kesehatan Bagi Warga Miskin Jakarta Masih Belum Layak

"Saya sangat prihatin melihat masih banyaknya masyarakat kurang mampu di Jakarta, yang masih belum terpenuhi pelayanan kesehatan yang layak," kata Sandiaga

Terekam Video, Polisi China Borgol dan Tutup Mata Ratusan Muslim Uighur

Ratusan pria muslim dari etnis Uighur terekam sebuah video sedang diborgol dan ditutup matanya sambil diawasi sekelompok polisi China. Diduga para pria tersebut akan digiring ke suatu lokasi yang kemungkinan adalah kamp-kamp penahanan.

Tren Pemasangan Iklan Jual Ruko di Lamudi Meningkat

Dari data jumlah iklan ruko yang dipasang di portal properti Lamudi.co.id menyebutkan, pada tahun 2017 ada 3.801 iklan, kemudian tahun 2018 ada 3.926 iklan, lalu tahun 2019 meningkat tajam menjadi 5.557 iklan ruko yang dipasang.

KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap KONI

"KPK telah tiga kali yakni pada 31 Juli, 2 Agustus, dan 21 Agustus 2019 mengirimkan panggilan untuk meminta keterangan, tapi IMR tidak pernah datang. KPK sudah memberikan ruang yang cukup bagi IMR untuk memberi keterangan dan klarifikasi pada tahap penyelidikan," ujar Marwata.

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi