Pemkot Padang Upayakan Semua Transaksi Nontunai

PADANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan mengupayakan semua transaksi keuangan yang terkait di lingkungannya secara nontunai pada 2019.

“Jalan ke arah itu sudah dilaksanakan, saat ini ada beberapa kegiatan transaksi nontunai yang akan dievaluasi,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Pemkot Padang Andri Yulika, di Padang, Kamis (19/4).

Dia menyebutkan kegiatan tersebut, antara lain belanja honorarium pegawai baik PNS maupun non-PNS, belanja perjalanan dinas dalam daerah, belanja perjalanan dan rapat koordinasi luar daerah, belanja makan dan minum, belanja alat kelengkapan, dan pengadaan barang.

Kegiatan ini akan dievaluasi pada triwulan kedua atau bulan keenam tahun ini, untuk melihat kendala penerapan oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

Untuk merealisasikan penggunaan semua transaksi nontunai pada 2019, pihaknya terus meminta saran dan pemikiran dari ahli, bendahara, pejabat pelaksana teknis guna menyempurnakan program.

Nantinya semua transaksi termasuk hibah dan tunjangan juga akan diberlakukan transaksi nontunai, mulai dari tingkat pemkot hingga kelurahan.

Bagi sistem keuangan, transaksi nontunai lebih memudahkan dalam prosesnya dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Bagi sistem pemerintahan juga keuangan nontunai menjamin transparansi dan akuntabilitas keuangan.

Bukan hanya itu, transaksi nontunai juga bisa menghindarkan diri dari tindakan korupsi pada tatanan pemerintahan.

Sebelumnya, kata dia lagi, beberapa bank telah melakukan sosialisasi ke pemerintahan terkait transaksi nontunai.

Ke depan, menjelang 2019 sosialisasi transaksi nontunai akan diperkuat ke jajaran OPD.

Bukan tidak mungkin sejalan dengan tujuan Padang menjadi Kota Cerdas, semua transaksi di kota ini akan dilaksanakan secara nontunai. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER