Pemkot Padang Upayakan Semua Transaksi Nontunai

PADANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan mengupayakan semua transaksi keuangan yang terkait di lingkungannya secara nontunai pada 2019.

“Jalan ke arah itu sudah dilaksanakan, saat ini ada beberapa kegiatan transaksi nontunai yang akan dievaluasi,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Pemkot Padang Andri Yulika, di Padang, Kamis (19/4).

Dia menyebutkan kegiatan tersebut, antara lain belanja honorarium pegawai baik PNS maupun non-PNS, belanja perjalanan dinas dalam daerah, belanja perjalanan dan rapat koordinasi luar daerah, belanja makan dan minum, belanja alat kelengkapan, dan pengadaan barang.

Kegiatan ini akan dievaluasi pada triwulan kedua atau bulan keenam tahun ini, untuk melihat kendala penerapan oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

Untuk merealisasikan penggunaan semua transaksi nontunai pada 2019, pihaknya terus meminta saran dan pemikiran dari ahli, bendahara, pejabat pelaksana teknis guna menyempurnakan program.

Nantinya semua transaksi termasuk hibah dan tunjangan juga akan diberlakukan transaksi nontunai, mulai dari tingkat pemkot hingga kelurahan.

Bagi sistem keuangan, transaksi nontunai lebih memudahkan dalam prosesnya dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Bagi sistem pemerintahan juga keuangan nontunai menjamin transparansi dan akuntabilitas keuangan.

Bukan hanya itu, transaksi nontunai juga bisa menghindarkan diri dari tindakan korupsi pada tatanan pemerintahan.

Sebelumnya, kata dia lagi, beberapa bank telah melakukan sosialisasi ke pemerintahan terkait transaksi nontunai.

Ke depan, menjelang 2019 sosialisasi transaksi nontunai akan diperkuat ke jajaran OPD.

Bukan tidak mungkin sejalan dengan tujuan Padang menjadi Kota Cerdas, semua transaksi di kota ini akan dilaksanakan secara nontunai. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pemimpin Belum Lulus

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER