Pemkot Banda Aceh Salurkan Beasiswa Ke 2.065 Pelajar

0
22
Aminullah Usman
Walikota Banda Aceh Aminullah Usman.

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Baitul Mal menyalurkan beasiswa pendidikan kepada 2.065 pelajar yang berasal dari keluarga fakir dan miskin.

Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh Safwani Zainun, di Banda Aceh, Selasa (19/12), mengatakan beasiswa tersebut berasal dari zakat masyarakat yang disalurkan melalui Baitul Mal.

“Beasiswa diberikan kepada pelajar dari jenjang sekolah dasar hingga menengah atas kejuruan dan sederajat. Beasiswa diberikan kepada anak keluarga kurang mampu dan fakir miskin,” katanya.

loading...

Safwani menyebutkan, total beasiswa yang disalurkan Baitul Mal mencapai Rp 888,6 juta. Beasiswa itu diberikan kepada 989 pelajar sekolah dasar dan madrasah ibtidaiah, 926 pelajar sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiah, serta 50 pelajar madrasah aliyah.

“Beasiswa ini diberikan setahun sekali dengan rincian berkisar Rp 400 ribu untuk sekolah dasar, Rp 500 ribu untuk pelajar sekolah menengah pertama, dan Rp 600 ribu bagi pelajar madrasah aliyah,” katanya.

Safwani menjelaskan, Baitul Mal Kota Banda Aceh sudah menyalurkan beasiswa sejak tahun 2013. Ada beberapa kategori yang disalurkan, yakni beasiswa penuh, setengah penuh, dan beasiswa biasa.

“Ada 3.000 pelajar yang mendapat beasiswa setiap tahunnya. Namun, tahun ini jumlah penerimanya berkurang karena pengelolaan SMA sudah diambil alih provinsi,” ujarnya.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Baitul Mal yang telah menyalurkan beasiswa yang diambil dari dana zakat.

“Atas nama pemerintah kota, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membayar zakat serta mempercayakan Baitul Mal untuk menyalurkannya kepada yang berhak menerima,” katanya.

Aminullah menyebutkan, peran zakat amatlah vital terutama untuk dunia pendidikan, sebab pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga terbebas dari kebodohan dan ketertinggalan.

Selain itu, zakat merupakan solusi dalam Islam untuk mengentaskan kemiskinan serta membangun tatanan sosial yang lebih baik, sehingga yang kaya harus menyisihkan sebagian kecil hartanya untuk yang miskin.

“Kepada pelajar penerima beasiswa, kami mengharapkan apa yang diberikan ini sebagai pemacu bersemangat belajar dalam meraih cita-cita,” pungkas Aminullah. (Ant/SU03)

Komentar

BACA JUGA
kereta ringan

Pemerintah Sumsel Kaji Pendapatan di Luar Tarif LRT

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Pemerintah mengkaji kemungkinan meraih pendapatan di luar tarif jalur kereta api dalam kota Light Rail Transit, atau LRT untuk menutupi tingginya biaya...

Sidang Kasus First Travel Libatkan 96 Saksi

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, melanjutkan sidang terhadap tiga terdakwa kasus First Travel dengan agenda pembacaan nota keberatan terdakwa atau eksepsi dengan...

Agenda Sidang Perdana PK Ahok Terkait Pembacaan Memori

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) kasus penodaan agama dengan terpidana mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara,...
Suap

Suap APBD Jambi, Anggota DPRD Mulai Diperiksa

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tipikor untuk tiga terdakwa kasus suap APBD Provinsi Jambi 2018 senilai Rp3,4 miliar. Berdasarkan...

PBB: Badai Ancam Jutaan Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

NEW YORK, SERUJI.CO.ID - Musim badai yang akan tiba mengancam lebih dari 1,5 juta pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar di kamp pengungsi Bangladesh selain sebanyak...
loading...
KH. Luthfi Bashori

Ajari Anakmu Ilmu Agama

Sy. Abu Hurairah RA mengutarakan Rasulullah SAW bersabda, “Tidak seorang anak pun yang lahir melainkan dalam keadaan suci bersih. Kedua orangtuanyalah yang menyebabkan dia...
Light at the end of the tunnel

Garis 8: Hak Asasi Manusia di Hadapan Tuhan

Saat ini banyak manusia yang menuntut agar “berhak segalanya". Apapun yang dikehendaki tak boleh dilarang, dengan sekedar alasan “tokh, tidak ganggu orang lain”. Maka,...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...