Pemkab Solok Kembangkan Usaha Peternakan Berbasis Online

AROSUKA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat akan mengembangkan usaha perternakan berbasis online atau i-ternak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Bupati Solok Gusmal di Arosuka, Senin (2/4), mengatakan usaha peternakan berbasis online ini dinamakan Sapi Investasi Aparatur Pemerintah (SIAP) merupakan usaha bersama yang melibatkan aparatur pemerintah setempat sebagai mitra atau penyandang dana.

Ia menerangkan aplikasi i-ternak ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan ternak di daerah itu dengan cara aparatur pemerintah bermitra dengan peternak.

Melalui i-ternak ini maka aparatur sipil negara (ASN) atau siapa saja bisa terlibat sebagai investor, baik pejabat, pengusaha maupun masyarakat umum.

Keunggulan beternak melalui aplikasi ini yaitu usaha dikelola oleh peternak berpengalaman dan bersertifikasi, jaringan distribusi terintegrasi, bibit ternak sehat, menguntungkan (pola bagi hasil), serta adanya pengendalian resiko melalui asuransi ternak.

“Saya berharap dengan program yang baru ini bisa mewujudkan peternak yang usahawan dan bersinergi, itulah gunanya setiap kemajuan teknologi untuk memajukan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Eri Naldi mengatakan i-ternak merupakan program investasi pertama yang patut dikembangkan guna menunjang pendapatan peternak, pemodal dan pemerintah daerah sebagai pengelola.

“Sasaran usaha ini adalah hotel, restoran dan pengusaha catering yang membutuhkan daging setiap harinya,” katanya.

Apalagi lanjutnya Kabupaten Solok memiliki lahan dan SDM yang cukup untuk memelihara dan mengelola peternakan ini sehingga akan memberikan kesempatan kepada peternak untuk dapat meningkatkan perekonomian.

“Untuk menjaga kualitas ternak yang dijual kandang harus teregistrasi, dan peternak juga harus profesional,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER