Pemkab Mentawai Akan Aktifkan Kembali Bandara Minas

0
66
Bandara

MENTAWAI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, akan mengaktifkan kembali Bandara Minas di Pulau Pagai Selatan.

“Kami bersyukur PT Minas Pagai Lumber menyetujui pengaktifan kembali Bandara Minas. Surat balasan persetujuannya sudah ada,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mentawai, Edi Sukarni di Tuapejat, Jumat (23/3).

Ia menjelaskan, Bandara Minas merupakan bandara yang dikelola atau dimiliki oleh PT Minas Pagai Lumber, namun sudah lama bandara tersebut tidak digunakan.

Pengaktifan bandara tersebut kata Edi sebagai tindak lanjut dari pemerintah provinsi dan kabupaten untuk mendukung Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Sikakap, Pulau Pagai Utara.

“Artinya, jika banndara tersebut aktif tentu akan mempermudah dan mempercepat ekspor ikan dari Mentawai,” jelasnya.

Pasca keluarnya surat persetujuan tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi, karena bandara minas terletak dalam kawasan hutan negara dan sudah lama vakum.

Selain itu pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pemetaan ulang, baik itu melalui udara, maupun pengukuran langsung Ia mengungkapkan, dari keterangan pihak perusahaan, bandara yang sudah lama tidak digunakan tersebut saat ini sudah dijadikan pemukiman oleh warga Dusun Rarakjoja, Desa Sikakap.

“Tentunya ini menjadi perhatian bagi kami,” katanya.

Terkait jumlah anggaran untuk pembangunan tersebut, pihaknya belum bisa memutuskan, karena masih banyak tahap yang harus dilakukan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri mendukung langkah cepat Pemkab Mentawai untuk mengaktifkan kembali Bandara Minas.

“Tentunya ini akan mendukung SKPT Sikakap untuk menjadi salah satu industri perikanan di Indonesia,” katanya.

Pengriman lewat udara katanya akan menjadikan kualitas ikan dari daerah tersebut mampu bersaing dan memiliki daya jual yang tinggi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Ignasius Jonan

Beda dengan Sri Mulyani, Ignasius Jonan Akui “HoA” Freeport Tak Mengikat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan pemerintah terkait head of agreement (HoA) dalam pembelian Freeport mulai saling bertolak belakang. Bila sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa HoA...

Pemprov DKI Undang Pemasang Bendera Asian Games Pakai Bambu ke Balai Kota

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengundang Thamran (40), salah satu warga Penjaringan yang memasang bendera negara peserta Asian Games 2018 menggunakan...
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

Idrus Marham Diperiksa Terkait Suap PLTU Riau 1 Saat Jabat Sekjen Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Sosial Idrus Marham mengaku sudah kenal lama dengan dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga...

Jabatan Ngabalin Bertambah, Kini Diangkat Sebagai Komisaris Angkasa Pura I

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politisi Golkar Ali Mochtar Ngabalin yang belum lama ini diangkat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi...
Obar Asian Games 2018

Kapolda Hingga Gubernur Jateng Ikut Bawa Obor Asian Games 2018

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Pawai obor Torch Relay Asian Games 2018 digelar guna menyambut ajang ini dengan...