Pemkab Mentawai Akan Aktifkan Kembali Bandara Minas

0
25
Bandara

MENTAWAI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, akan mengaktifkan kembali Bandara Minas di Pulau Pagai Selatan.

“Kami bersyukur PT Minas Pagai Lumber menyetujui pengaktifan kembali Bandara Minas. Surat balasan persetujuannya sudah ada,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mentawai, Edi Sukarni di Tuapejat, Jumat (23/3).

Ia menjelaskan, Bandara Minas merupakan bandara yang dikelola atau dimiliki oleh PT Minas Pagai Lumber, namun sudah lama bandara tersebut tidak digunakan.

Pengaktifan bandara tersebut kata Edi sebagai tindak lanjut dari pemerintah provinsi dan kabupaten untuk mendukung Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Sikakap, Pulau Pagai Utara.

“Artinya, jika banndara tersebut aktif tentu akan mempermudah dan mempercepat ekspor ikan dari Mentawai,” jelasnya.

Pasca keluarnya surat persetujuan tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi, karena bandara minas terletak dalam kawasan hutan negara dan sudah lama vakum.

Selain itu pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pemetaan ulang, baik itu melalui udara, maupun pengukuran langsung Ia mengungkapkan, dari keterangan pihak perusahaan, bandara yang sudah lama tidak digunakan tersebut saat ini sudah dijadikan pemukiman oleh warga Dusun Rarakjoja, Desa Sikakap.

“Tentunya ini menjadi perhatian bagi kami,” katanya.

Terkait jumlah anggaran untuk pembangunan tersebut, pihaknya belum bisa memutuskan, karena masih banyak tahap yang harus dilakukan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri mendukung langkah cepat Pemkab Mentawai untuk mengaktifkan kembali Bandara Minas.

“Tentunya ini akan mendukung SKPT Sikakap untuk menjadi salah satu industri perikanan di Indonesia,” katanya.

Pengriman lewat udara katanya akan menjadikan kualitas ikan dari daerah tersebut mampu bersaing dan memiliki daya jual yang tinggi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Minta Nasihat Kiai, PKS Bersilaturahim ke PWNU Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur melakukan silaturahmi dan meminta nasihat ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) setempat sekaligus membahas...

Polres Ngawi Amankan Ribuan Liter Minuman Keras

NGAWI, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Ngawi, Jawa Timur, mengamankan ribuan liter berbagai jenis minuman keras yang siap dijual di wilayah hukumnya hingga membahayakan masyarakat...

Polisi Tangkap Pemuda Mabuk Bawa Dua “Sajam”

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang pemuda berinisial MH (27) warga Desa Ambutun, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, karena gerak-gerik...

Muhaimin Iskandar Minta Didoakan Jadi Wapres Pada 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar secara terbuka meminta didoakan para nelayan dan ibu-ibu di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara,...

Naik Sepeda Motor, Seorang Siswa SMP Tewas Tertabrak Bus

GARUT, SERUJI.CO.ID - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Limbangan menuju Bandung, tepatnya di daerah Cibedug, desa Cigagade. Tabrakan terjadi antara sepeda motor dengan bus...