Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan Pangan ke Pengungsi Rohingya

BIREUN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Aceh Provinsi menyalurkan bantuan pangan dan sandang kepada para pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, yang kini berada di penampungan Gedung SKB Bireuen, Kabupaten Bireuen.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Dadek di Bireuen, Sabtu (21/4).

Bantuan tersebut diterima Wakil Bupati Bireuen H Muzakkar Agani yang didampingi Kepala Dinas Sosial Bireuen Murdani dan Kepala BPBD Bireuen M Nasir.

Alhudri menjelaskan bantuan ini sebagai bentuk respon cepat pemerintah menanggapi masalah kemanusiaan dan sebagai tindak lanjut perintah dari Gubernur Aceh Irwandi Yusuf untuk meninjau lokasi serta membawa bantuan berupa kebutuhan logistik sandang pangan.

Wakil Bupati Muzakkar menjelaskan Pemerintah Kabupaten Bireuen bersikap baik dengan memberikan bantuan berupa tempat penampungan, makanan, minuman, dan obat-obatan untuk pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung digedung SKB Cot Gapu Bireueun.o Indonesia dengan mayoritas penduduk Islam terbesar di dunia dan dengan budaya timurnya yang lemah lembut serta berprikemanusiaan sebagaimana termaktub dalam falsafat negara pada sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradap, katanya.

Maka oleh karena itu dengan rasa kemanusiaan yang tinggi masyarakat Aceh khususnya warga Bireuen berbondong-bondong menyambut tamu dari Allah SWT ini dengan bentuk pertolongan dengan memberikan pertolongan dan bantuan untuk mereka, katanya.

“Manifestasi dalam sila kedua tentang kemanusian yang adil dan beradap ini bisa dilihat dari bagaimana masyarakat Aceh menyambut kaum Rohingnya,” jelasnya.

Namun untuk waktu sampai kapan para pengungsi Rohingnya ditampung di Bireuen, Kepala Dinas Sosial Murdani menyampampaikan belum ada kepastian tentang hal tersebut.

Namun, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Bireuen masih melakukan kordinasi dengan UNHCR dan imigrasi Aceh.

Kesehatan warga Rohingnya itu terdiri atas 42 laki-laki, 26 wanita, dan delapan anak-anak itu berangsur membaik namun ada sebagian dari mereka yang kekurangan cairan tubuh dan ditangani oleh tim medis PMI Bireuen.

Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, etnis Rohingya pertama kali datang di Indonesia pada tahun 2006 saat itu Indonesia menyerahkan seluruh penyelesaian masalah pada UNHCR.

Ditahun 2018, gelombang arus Rohingya atau yang kerap disebut manusia kapal itu kembali terdampar dengan perahu yang berawakkan 76 orang di perairan laut lepas Provinsi Aceh tepatnya di semenanjung pantai Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Jumat (20/4). (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy