Pedagang Inpres Tapaktuan Diprioritaskan Tempati Pasar Modern

0
72
pasar modern
Pedagang pasar modern. (ilustrasi)

TAPAKTUAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan memprioritaskan para pedagang yang berjualan di Pasar Inpres Tapaktuan untuk menempati los di Pasar Modern di Gampong Desa Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan.

“Jika sampai tenggat waktu masih ada kosong, baru diserahkan kepada pedagang yang lain,” kata Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh Selatan, Saiful Rahman di Tapaktuan, Selasa (19/12).

Menurutnya, pasar modern yang baru selesai dibangun di samping Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan rencananya akan difungsikan awal tahun 2018.

Ia berkeyakinan, gedung pasar modern baru tersebut akan hidup dan penuh ditempati oleh para pedagang, karena bangunan Pasar Inpres termasuk gedung swalayan lama akan dirobohkan dan rencananya akan dibangun pusat perkantoran pemerintah.

“Bangunan pasar disitu termasuk terminal rencananya akan dipindahkan ke Lhok Bengkuang Timur. Bangunan lama akan dirobohkan menyusul akan dibangun kantor pusat pemerintahan,” tuturnya.

Menjelang akan dioperasikan awal tahun 2018, lanjutnya, sejumlah pedagang telah menyampaikan permohonan untuk menempati lapak, kios dan los pasar modern baru kepada pihaknya.

Sejauh ini, sudah ada 40 pedagang yang mengajukan permohonan untuk menempati bangunan pasar baru tersebut. Ia memprediksi jumlah tersebut akan terus meningkat menjelang akan dioperasikan pemakaian pasar tersebut.

Untuk menghindari timbulnya diskriminasi atau ketidakadilan, ia berencana akan membagi los dan kios di pasar modern tersebut dengan sistem cabut undian. Namun langkah itu baru dilakukan setelah dipastikan jatah untuk para pedagang yang selama ini berjualan di Pasar Inpres Tapaktuan cukup.

Dalam rangka persiapan pengoperasian pasar tersebut, Disperindagkop dan UKM Aceh Selatan juga telah menuntaskan pembersihan dan penataan perkarangan pasar termasuk drainase dan sanitasi.

“Untuk langkah penyempurnaannya, kami juga telah menuntaskan sejumlah item pekerjaan tambahan di kompleks pasar modern tersebut, sehingga disaat akan ditempati nantinya, dipastikan tidak ada hambatan yang berarti di lapangan,” pungkasnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...