Pasar Terendam, Pedagang Berjualan di Badan Jalan dan Trotoar

0
75
Banjir di Kota Lhoksukon
Kota Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, pada Senin (4/12), dilanda banjir akibat tanggul Krueng Keureuto yang berada di kawasan itu jebol. (Foto: Istimewa)

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID – Pasar terpadu di Ibu kota Kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon, terendam banjir menyebabkan puluhan pedagang terpaksa berjualan di median badan jalan dan trotoar.

Seorang pedagang, Sabni yang ditemui di lokasi, Selasa (5/12) mengatakan, pihaknya memilih jualan di median jalan dan trotoar karena jalan menuju ke pasar terpadu tergenang banjir.

“Di pasar airnya memang tergenang, tetapi tidak parah. Tetapi, jalan melintas ke sana ketinggian air mencapai satu meter, sehingga warga tidak mungkin mengarungi banjir untuk membeli kebutuhan sehari-hari,” tutur Sabni.

Dikatakan, di pasar terpadu memang masih ada juga pedagang yang berjualan, tetapi tidak banyak, karena sebagian warga arah utara atau dari jalan lintas Kecamatan Lapang-Lhoksukon masih bisa dilintasi, sehingga ada warga yang mau datang ke pasar.

Sabni mengaku, omzetnya menurun sejak jualan di median jalan itu. Kemarin, dia hanya laku di bawah Rp 700 ribu. Sementara pada hari biasa, Sabni mengaku laku hingga Rp 1, 5 juta.

Seorang pedagang buah, Syamsuddin juga menyebutkan hal serupa. Dijelaskan, pihaknya harus berjualan di median jalan karena tidak ada lapak lain yang strategis untuk saat ini, karena terendam banjir.

“Untuk sementara ya di sini, karena lapak kami sudah tergenang banjir. Kami sudah berjualan sejak kemarin di sini,” jelasnya.

Camat Lhoksukon, Saifuddin mengatakan, berdasarkan data yang diterima pihaknya hingga siang tadi, jumlah pengungsi di Kecamatan Lhoksukon saja saat ini sudah mencapai sekitar 14 ribu jiwa, yang tersebar di sejumlah titik.

“Kondisi air sebagian bertambah, sebagian lagi sudah mulai berkurang tetapi para pengungsi belum bisa kembali ke rumah mereka. Ada 43 desa yang tergenang banjir,” ujar dia.

Sementara dapur umum untuk para pengungsi khusus untuk Kecamatan Lhoksukon saat ini ada sekitar 35 titik.

Banjir Aceh Utara kali ini telah berdampak terhadap 23 kecamatan dari 27 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. Ribuan rumah terendam sejak beberapa hari lalu, termasuk sekolah. Belasan ribu jiwa warga di sana mengungsi ke tempat lebih aman. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...

PM Mahathir Setuju Bentuk Tim Khusus 1MDB

KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID - Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad setuju untuk membentuk tim khusus penyelidikan 1MDB untuk menjalankan penyelidikan terperinci, melakukan perampasan aset...