Pariaman Salurkan Zakat untuk Pengembangan Usaha

0
63
pariaman
Balaikota Pariaman

PARIAMAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sebanyak Rp 1,3 miliar untuk pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat.

“Program zakat Pariaman Makmur disalurkan kepada 913 mustahik yang memiliki usaha bergerak di bidang ekonomi produktif secara rutin dan berkelanjutan oleh pemerintah Kota Pariaman,” kata Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, di Pariaman, Rabu (20/12).

Ia mengatakan setiap mustahik atau penerima zakat masing-masing menerima Rp 1,5 juta untuk digunakan sebagai modal usaha yang harus dikembangkan.

Selain menyalurkan Rp 1,3 miliar kepada masyarakat dari empat kecamatan, pemerintah daerah juga menambah dan menyalurkan sebanyak Rp 129 juta kepada mustahik yang telah berhasil mengembangkan usahanya.

Para mustahik yang menerima zakat tersebut merupakan binaan pemerintah daerah bersama Baznas dalam mengembangkan usaha pada tahun sebelumnya, atas keberhasilan tersebut diberikan modal tambahan.

Total terdapat 37 mustahik yang telah berhasil mengembangkan usahanya dan diberikan modal tambahan masing-masing sebesar Rp 3,5 juta oleh pemerintah daerah.

“Pemerintah Kota Pariaman berupaya dengan konsep hari ini mereka sebagai penerima, di kemudian hari sebagai penyalur zakat setelah berhasil mengembangkan usahanya,” katanya.

Pemerintah Kota Pariaman bersama Baznas memiliki beberapa program dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan peningkatan mutu pendidikan, di antaranya Pariaman Cerdas, Pariaman Makmur, Pariaman Sehat, Pariaman Takwa, dan Pariaman Peduli.

Para penerima zakat tersebut secara berkala akan dievaluasi oleh tim dari Baznas untuk melihat bantuan tersebut tepat sasaran atau sebaliknya sebagai acuan ke depannya.

Samsul salah seorang penerima zakat Pariaman Makmur mengatakan cukup terbantu dengan adanya bantuan dari pemerintah daerah ini.

Program zakat Pariaman Makmur tersebut, ujarnya, akan digunakan sebagai biaya tambahan modal membeli ikan yang dijual secara berkeliling Kota Pariaman. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...