Pakar: Gempa Bengkulu Dipicu Sesar Naik

2
59
Gempa
Ilustrasi pencatatan kekuatan gempa.

PADANG – Pakar gempa Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Badrul Mustafa menyampaikan gempa yang menguncang Bengkulu dengan getaran dirasakan hingga ke Sumbar dipicu oleh sesar naik.

“Gempa ini dipicu oleh sesar naik di lempeng Eurasia tapi bukan di lokasi megathrust,” kata dia di Padang, Ahad (13/8).

Menurutnya perlu dilakukan penelitian khusus di lokasi tersebut karena selama ini belum ada kajian apalagi gempa yang terjadi di selat.

Ia menambahkan getaran gempa dirasakan cukup kuat di sejumlah wilayah di Sumbar dengan perincian di Padang II sampai III Modified Mercalli Intensity (MMI), Padang Panjang I sampai II MMI, Bukittinggi I sampai II MMI dan Pariaman II sampai III MMI.

Kemudian Tua Pejat, Mentawai II sampai III MMI, Pesisir Selatan II sampai III MMI, Payakumbuh I sampai II MMI, Solok I sampai II MMI dan Solok Selatan I sampai II MMI.

Akan tetapi, ia menilai kesadaran warga Padang terhadap gempa sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Dulu gempa dengan kekuatan II MMI saja warga sudah panik dan berhamburan ke luar rumah serta memenuhi jalan-jalan untuk melakukan evakuasi,” ujarnya.

“Namun sekarang warga terlihat tenang saja bahkan di Pantai Padang setelah gempa terjadi warga tetap beraktivitas seperti biasa,” lanjut dia.

Menurut dia kesadaran warga terhadap gempa sudah mulai baik dan sosialisasi yang dilakukan selama ini cukup efektif sehingga saat gempa terjadi tidak perlu panik yang akhirnya malah memicu kekacauan di jalan raya.

Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter menguncang Bengkulu pada pukul 10.08 WIB yang getarannya dirasakan cukup kuat hingga ke Sumbar.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi menyampaikan ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa termasuk dalam klasifikasi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Benioff di bawah cekungan busur muka, Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera.

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dipicu oleh penyesaran naik, kata dia.

Ia menyampaikan hingga pukul 10.51 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan sudah terjadi aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 1 kali.

“Kepada masyarakat di wilayah Pesisir Bengkulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya. (Hrn)

Komentar

BACA JUGA
Ketua Umum HMI 2018

Selamat, Saddam Al Jihad Terpilih Sebagai Ketua HMI yang Baru

AMBON, SERUJI.CO.ID - Saddam Al Jihad, mahasiswa Program Doktoral di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akhirnya terpilih memimpin organisasi mahasiswa ekstra kampus tertua di Indonesia, Himpunan...
ott, korupsi

OTT Oknum BPN Lhokseumawe Ditetapkan Jadi Tersangka

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Tim Saber Pungli Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menetapkan salah seorang oknum PNS di Badan Pertanahan Nasional (BPN), S (54), menjadi tersangka hasil dari...
gunung agung

Promosi Pariwisata Bali Pasca Erupsi Gunung Agung

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Gunung Agung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah timur Bali, yang sempat beberapa...
Rudiantara

2019 Kominfo Targetkan Indonesia Terhubung Internet

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara menargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia terhubung jaringan internet dengan kecepatan tinggi pada 2019 sehingga semua orang...
Abhan

Bawaslu: Penyelenggaraan Pilkada Jangan Mudah Tergoda Suap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengingatkan seluruh jajarannya untuk tidak mudah tergoda suap selama menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada)...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...