Nelayan Laporkan Operasi Pengguna Pukat Harimau di Perairan Seluma

0
74
Pukat hela (foto:istimewa)

BENGKULU, SERUJI.CO.ID – Para nelayan di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu mengaku melihat tiga unit kapal ikan pengguna pukat harimau atau trawl yang beroperasi di perairan Desa Pasar Seluma.

“Pertama muncul dua unit kapal yang menarik menggunakan trawl lalu bergeser ke tengah hingga tak terlihat lagi,” kata Sudirman, nelayan Desa Pasar Seluma, Kabupaten Seluma di Bengkulu, Jumat (30/3).

Ia mengatakan dua unit kapal pengguna trawl itu beroperasi tidak jauh dari tepi pantai sehingga para nelayan menyaksikan kapal tersebut sedang menggaruk isi laut dengan pukat harimau.

Berselang beberapa waktu, satu unit kapal pukat lainnya bergerak dari arah Pasar Ngalam menuju perairan Pasar Seluma dan sedang menarik jaring trawl.

“Ini menunjukkan tidak ada penegakkan hukum dan nelayan trawl masih terus melanggar kesepakatan dan melanggar hukum,” kata dia.

Para nelayan kata Sudirman sudah cukup sabar menyaksikan operasi trawl yang jelas-jelas melanggar hukum.

Tindakan para pengguna pukat tersebut lanjutnya sudah dilaporkan ke Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Sesuai pesan Dirjen Perikanan Tangkap bahwa setiap aktivitas trawl akan dilaporkan langsung ke pusat dan sudah kami lakukan,” ucapnya.

Sebelumnya, para nelayan pengguna pukat mendatangi Kantor Gubernur Bengkulu meminta kelonggaran untuk menggunakan trawl sebelum peralihan ke alat tangkap baru terealisasi.

Menanggapi permintaan para nelayan tersebut, Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menegaskan bahwa penggunaan trawl tetap terlarang.

Sembari menunggu realisasi pergantian alat tangkap, untuk sementara para nelayan yang selama ini menggunakan trawl akan mendapat jatah hidup berupa beras sejahtera. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...