Nelayan Aceh Timur Temukan 5 Warga Muslim Rohingya Terdampar di Laut

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID –┬áNelayan Aceh Timur, Provinsi Aceh, menemukan lima etnis Muslim Rohingya, Myanmar, yang terdampar di laut.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal di Lhokseumawe, Jumat (6/4) mengatakan, mereka ditemukan nelayan pada Senin (2/4), pukul 20.30 WIB, sekitar 176 mil dari Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Kelima etnis Rohingya tersebut terdiri dari dua orang laki-laki dewasa dan satu orang anak, serta dua orang wanita.

Lalu oleh nelayan Aceh Timur diselamatkan dan dibawa ke Pelabuhan Kuala Idi serta sampai di Kuala Idi, Jumat (6/4) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sementara itu, data kelima etnis Muslim Rohingya tersebut adalah Umar Shidik (28), M ilyas (33), Kamal Husen (8), Syamimah (25) dan Mominah (20).

Sedangkan pengakuan sementara (karena kesulitan komunikasi) menyebutkan, awalnya mereka berjumlah 10 orang dengan menggunakan sampan (perahu tanpa mesin).

Namun, lima orang lainnya telah meninggal dunia karena kekurangan makanan dan dibuang ke laut.

“Saat tiba di Pelabuhan Idi Rayeuk, kondisi mereka lemah karena kekurangan makanan dan cairan,” ujar dia.

“Anggota Posal Idi Rayeuk, Polres Aceh Timur serta instansi terkait lainnya dan dibantu masyarakat membawa kelima warga Muslim Rohingnya tersebut ke RSUD Zubir Mahmud Idi Rayeuk untuk mendapatkan perawatan,” tutur Danlanal Lhokseumawe.

Danlanal menyatakan, direncanakan mereka akan dijemput oleh pihak imigrasi Langsa guna penanganan lebih lanjut. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER