Masuki Musim Kemarau, BPBD: Waspada Ancaman Kebakaran

0
49
Kebakaran
Petugas pemadam kebakaran beraksi (ilustrasi)

LHOKSUMAWE, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mengimbau warga mewaspadai kebakaran rumah dan lahan, karena kondisi kemarau yang melanda wilayah itu.

Sekretaris BPBD Kota Lhokseumawe Marzuki di Lhokseumawe, Selasa (14/2) mengatakan, pada musim kemarau ancaman kebakaran dapat dengan mudah terjadi, tidak hanya saja rumah, akan tetapi juga lahan.

Oleh karena itu, warga harus mewaspadai bahaya kebakaran di saat seperti kondisi sekarang, ujar Marzuki.

Loading...

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengantisipasi bahaya kebakaran lahan diharapkan warga tidak membakar sembarangan saat menggarap kebun pribadi, karena apinya dapat merembes ke lokasi lain dan membahayakan lingkungan.

Begitu juga dengan warga di rumah-rumah, supaya menjaga api kompor dan obat nyamuk serta tidak membuang puntung rokok sembarangan, ujar dia.

“Kita harapkan kepada masyarakat, apapun kegiatan yang berpotensi terjadinya kebakaran, supaya dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk membuang puntung rokok sembarangan,” harap Marzuki.

Dalam sebulan terakhir, kondisi kekeringan di wilayah Lhokseumawe dan juga daerah lain di Aceh sangat terasa, seperti seminggu terakhir ada rumah yang terbakar dan juga lahan yang ditumbuhi ilalang.

Bahkan sebelumnya, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyu Broto, mengajak keterlibatan semua elemen untuk melakukan penanganan dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dengan saling berkoordinasi antar lembaga. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU