Masih Perdebatan, Pemkab Bangka Dukung Aturan Zakat ASN

0
37

BANGKA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung upaya Kementerian Agama terkait pengoptimalan zakat aparatur sipil negara.

“Pemberitaan di media terkait hal ini menimbulkan perbedaan pendapat. Maka itu persamaan persepsi melalui rapat ini,” kata Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Bangka Rahmani di Sungailiat, Rabu (14/2).

Menurut dia, perbedaan pendapat di kalangan ASN dinilai wajar sebab masih banyak salah penafsiran. Pemkab Bangka sangat mendukung upaya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangka untuk mengumpulkan zakat ASN di Bangka.

Ketua Panitia Pelaksana Rapat Koordinasi Ali Usman Sawal, menjelaskan di Bangka terdapat 33 unit pengumpul zakat (UPZ) yang berada di organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemkab Bangka serta beberapa unit lainnya di beberapa rumah sakit di Bangka.

“Mungkin di pusat baru akan hal ini, namun di Bangka sudah berjalan. Yang penting selalu ingat bahwa zakat itu penting hukumnya, jika tidak dikeluarkan maka berdosa,” kata Ali.

Ketua Baznas Bangka M Nasir Hasan sangat kecewa dengan minimnya kepala OPD yang hadir. Padahal rapat ini untuk mengetahui pendapat pegawai terkait program pemerintah mengenai pemotongan 2,5 persen gaji ASN.

“Kami mau semuanya bersama-sama ikut serta mengelola zakat ini. Apalagi banyak daerah yang sudah melaksanakan program ini,” kata Nasir.

Karena itu, pihaknya berusaha agar semuanya paham, bahwa bukan hanya tugas UPZ atau Baznas mengumpulkan zakat. Namun kesadaran lebih utama dalam mengeluarkan zakat. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...