Mahasiswa Desak Gubernur Aceh Tolak BPKH

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Rakyat Aceh Menggugat mendesak Gubernur Aceh menolak dan menyatakan keberatan terhadap rencana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang ingin mengelola aset wakaf rakyat Aceh di Mekkah, Arab Saudi.

Desakan tersebut disampaikan mahasiswa dalam unjuk rasa di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Rabu (14/3).

Unjuk rasa tersebut hanya ikuti sembilan demonstran.

Koordinator Forum Rakyat Aceh Menggugat Tuanku Muhammad menyatakan, BPKH menyampaikan rencana investasi terhadap aset wakaf untuk rakyat Aceh atau dikenal wakaf Habib Bugak. Rencana menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Aset wakaf tersebut diberikan Habib Bugak sekitar tahun 1800-an Masehi. Wakaf sejumlah aset di Mekkah tersebut diberikan untuk kepentingan rakyat Aceh,” kata dia.

Dari aset wakaf tersebut, lanjut dia, jamaah haji Aceh mendapat penggantian biaya pemondokan per orangnya. Uang tersebut diberikan sejak musim haji 2007.

Tuanku Muhammad mengatakan, rencana BPKH ingin mengelola aset wakaf tersebut telah memunculkan kekhawatiran masyarakat Aceh. Padahal, pengelolaan aset wakaf sudah berjalan dengan sangat baik.

“Oleh karena itu, kami mendesak Gubernur Aceh menyatakan secara tertulis keberatan atas rencana BPKH mengelola aset wakaf rakyat Aceh tersebut,” kata Tuanku Muhammad yang disambut teriakan “hidup mahasiswa” oleh pengunjuk rasa.

Usai menyampai aspirasinya, pengunjuk rasa meninggalkan Kantor Gubernur Aceh dengan tertib. Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat puluhan Satpol PP dan personel Polresta Banda Aceh. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER