Mahasiswa Aceh Demo Tuntut Harga BBM Turun

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh menggelar demonstrasi menuntut harga bahan bakar minyak atau BBM, terutama jenis pertalite diturunkan.

Tuntutan tersebut disampaikan seratusan mahasiswa dalam unjuk rasa di Gedung DPR Aceh di Banda Aceh, Rabu (28/3).

Sebelum di DPR Aceh, massa mahasiswa menggelar unjuk rasa dengan tuntutan serupa di Bundaran Simpang Lima, yang jaraknya beberapa ratus meter dari gedung wakil rakyat tersebut.

Dari Bundaran Simpang Lima, massa mahasiswa berkonvoi dengan sepeda motor menuju Gedung DPR Aceh. Massa memarkirkan sepeda motornya di depan pintu masuk Kantor Pemasaran Pertamina Wilayah Aceh yang jaraknya hanya puluhan meter dari Gedung DPR Aceh.

Akibatnya, puluhan sepeda motor massa mahasiswa tersebut menutup akses kendaraan yang keluar masuk dari Kantor Pertama yang berada di Jalan Tgk Daud Beureueh, Banda Aceh, tersebut.

Sementara itu, dalam aksinya, massa mahasiswa membentangkan spanduk bertuliskan “BBM Naik Rakyat Menjerit”, “Tolak Kenaikan Harga BBM”, dan lainnya.

Yulinda, peserta aksi dalam orasinya menyatakan, bahan bakar minyak merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Kenaikan BBM menyebabkan semakin beratnya perekonomian masyarakat.

“Kenaikan BBM juga menyebabkan semua kebutuhan barang pokok masyarakat ikut naik. Kenaikan BBM menyebabkan ekonomi masyarakat semakin terpuruk,” kata dia disambut teriakan “hidup mahasiswa” oleh pengunjuk rasa.

Alfian Rinaldi, koordinator aksi, menyatakan, mahasiswa merasa kecewa kenaikan harga BBM, terutama jenis pertalite. Kenaikan harga BBM itu juga tidak disampaikan kepada masyarakat.

“Masyarakat baru mengetahui kenaikan BBM ketika membeli di SPBU. Kenaikan ini berdampak pada naiknya harga semua kebutuhan pokok,” ungkap Alfian Rinaldi.

Ia juga menyebutkan, kenaikan harga BBM jenis pertalite dalam tahun 2018 terjadi dua kali. Pertama naik Rp100 dan kedua Rp200 per liter. Sementara BBM jenis premium sulit didapat masyarakat.

“Karena itu, kami menuntut pemerintah menurunkan harga BBM jenis pertalite serta mengusahakan ketersediaan BBM jenis premium. Kami juga meminta pemerintah memastikan subsidi BBM untuk masyarakat kecil,” kata Alfian Rinaldi.

Anggota DPR Aceh Abdurrahman dan Zuriat Suparjo yang menerima kedatangan massa mahasiswa menyatakan akan meneruskan aspirasi mahasiswa kepada pimpinan dan pemerintah pusat.

“Secara pribadi, kami juga menolak kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM memberatkan masyarakat,” kata Abdurrahman, anggota DPR Aceh dari Partai Gerindra di hadapan massa mahasiswa. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Skyline Message

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.