Letusan Sinabung Belum Ganggu Aktivitas Wisman di Ketambe

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat sore (6/4) hingga kini dilaporkan belum menganggu aktivitas wisatawan mancanegara (wisman) di objek wisata alam Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

“Kami pastikan pagi ini, situasi aman dan cuaca cerah. Aktivitas turis seperti biasa,” kata pengelola penginapan Wisma Cinta Alam, Johan (45), melalui telepon seluler dari Banda Aceh, Sabtu (7/4).

Aktivitas wisman yang dikenal memiliki batasan waktu dalam mengujungi objek wisata di kaki Taman Nasional Gunung Leuser tersebut, lanjutnya, masih normal seperti hari lainnya.

Beberapa turis asing umumnya dari Eropa, dan Amerika yang pihaknya ketahui, kini sedang melakukan persiapan untuk melakukan pendakian dan melihat satwa liar hidup bebas dengan damai di hutan Ketambe.

Seperti diketahui, jarak antara Gunung Sinabung dengan objek wisata disebut juga sebagai paru-paru dunia, yakni Ketambe di Aceh Tenggara cuma sekitar 170 kilometer. Lokasi Ketambe, tepat berada ketika menuju arah Blangkejeren di Kabupaten Gayo Lues.

“Bisa kita bilang, tidak ada hambatan dari meletusnya Gunung Sinabung,” tegasnya.

Ismail (49), pemandu wisata di Ketambe mengaku, dampak abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung kali ini, seakan tidak terasa baik bagi warga setempat maupun wisman.

Ia mengatakan, kondisi tersebut sangat berbeda dengan letusan Gunung Sinabung yang terjadi sekitar dua bulan lalu.

“Jika waktu itu, mereka (wisman) memilih kurung diri di kamar atau rumah tempat menginap. Tapi, kali ini tidak,” terangnya.

Gunung Sinabung dilaporkan meletus, Jumat, (6/4), pukul 16.07 WIB, setinggi 5.000 meter ke udara mengikuti arah agin ke Tenggara-Timur, dan Selatan-Tenggara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER