KPU Tetapkan Tiga Dapil di Kota Langsa

LANGSA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Kota Langsa, Provinsi Aceh, menjadi tiga daerah pilihan (dapil) dengan 25 kursi DPRK pada Pemilu 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Independen (KIP) Kota Langsa, Agusni AH kepada wartawan di Langsa, Sabtu (7/4), mengatakan, daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRK Langsa Pemilu 2019, masih sama sebagaimana saat Pemilu tahun 2014.

“Jumlah kursi dan dapil masih sama seperti Pemilu tahun 2014, yakni 25 kursi dan tiga dapil,” kata Agusni merujuk keputusan KPU RI Nomor 264/PL.01.3-KPT/06/KPU/IV/2018.

Menurut Agusni, awalnya pihaknya bersama sejumlah pimpinan partai politik dan stackholder setempat telah menggelar rapat koordinasi pembentukan daerah pemilihan untuk wilayah Kota Langsa.

Dimana, saat itu disepakati usulan empat dapil yakni Langsa Kota (Dapil I), Langsa Lama dan Langsa Timur (Dapil II), Langsa Barat (Dapil III) dan Langsa Baro (Dapil IV), yang diusulkan pada KPU RI.

Hal itu, kata dia, merujuk pada karakteristik daerah di Dapil III (Langsa Barat dan Langsa Baro) yang dipandang perlu dimekarkan.

“Waktu itu ada wacana pemekaran dapil saat rapat koordinasi dengan pimpinan parpol dan pemangku kepentingan, hanya saja secara aturan hal dimaksud belum sesuai, menginggat jumlah penduduk tidak mencapai 200 juta jiwa,” papar Agusni.

Dijelaskan, KPU RI telah menetapkan daerah pemilihan dan alokasi kuris DPRK Langsa Pemilu 2019, pada tanggal 4 April 2018, yakni tiga daerah pemilihan dan 25 alokasi kursi.

Dapil I (Langsa Kota) dengan jumlah penduduk 44.788 dengan alokasi 6 kursi, Dapil II meliputi Kecamatan Langsa Lama 31.888 jiwa dan Langsa Timur 15.128, jumlah alokasi 7 kursi.

Kemudian, Dapil III meliputi Kecamatan Langsa Baro 51.993 jiwa dan Langsa Barat 38.627 jiwa dengan alokasi 12 kursi.

“Total 3 dapil, 25 alokasi kursi dengan jumlah penduduk 182.424 jiwa,” kata Ketua KIP Kota Langsa dua periode itu. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER