KPU Batam: Pencocokan Data Pemilih Capai 90 Persen

0
40
Daftar Pemilih Tetap (ilustrasi)

BATAM, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum Batam Kepulauan Riau menyatakan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih sudah mencapai 90 persen dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu sebanyak 826.300 jiwa.

“Hari ini terakhir. Sampai kemarin sudah 90 persen lebih. Hari ini masih coklit, sampai pukul 18.00 WIB,” kata Ketua KPU Batam, Agus Setiawan di Batam, Kamis (17/5).

Tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih itu dilakukan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) yang datang ke rumah-rumah warga untuk menyamakan keterangan dengan DP4.

Loading...

Setelah coklit selesai, kata dia melanjutkan, maka Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melakukan pemetaan untuk mengetahui data riil penduduk yang sesuai dengan DP4.

KPU memberikan waktu selama sebulan kepada PPS untuk penghitungan data pemilih sekaligus pemetaan DP4, baru kemudian ditetapkan dalam rapat pleno.

Rencananya rapat pleno penetapan hasil pencocokan dan penelitian data pemilih akan dilangsungkan 15-17 Juni 2018.

“Baru kemudian kami serahkan ke Provinsi, dari Provinsi ke pusat. Baru ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara,” kata dia.

Sementara itu, komisioner KPU, Jernih Milyati Siregar meminta warga yang belum didata Pantarlih agar segera melapor ke Panitia Pemungutan Suara agar namanya dimasukkan sebagai calon pemilih dalam Pemilu 2019.

“Warga yang belum didata, bisa lapor ke PPS sesuai dengan alamat masing-masing,” kata dia.

Hingga batas waktu pencocokan dan penelitian berakhir sore ini, ia mengimbau warga untuk proaktif mendatangi Pantarlih untuk memastikan namanya tercatat dalam DP4.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan Pantarlih pelaksanaan coklit terkendala dengan banyaknya warga yang tidak ada di tempat saat didatangi. Bahkan ada yang berkali-kali disinggahi, kediaman tetap kosong. (Ant/Su02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU