Konsumsi Elpiji Bersubsidi Meningkat Hingga Lebaran

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera bagian Selatan memprediksi adanya peningkatan konsumsi elpiji tabung 3 Kilogram (Kg) menjelang bulan Suci Ramadhan hingga Idul Fitri tahun 2018.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera bagian Selatan Erwin Hiswanto di Palembang, Rabu (16/5) mengatakan, prediksi peningkatan konsumsi elpiji tiga kilogram ini diperkirakan mencapai 11 persen.

Karena itu, sebagai antisipasi rencana penyaluran elpiji 3 Kg di wilayah Sumbagsel pada Juni diprakirakan naik hingga 3,6 persen dari penyaluran Mei. Jika dibandingkan dengan penyaluran lebaran 2017 maka terdapat peningkatan penyaluran sebanyak delapan persen, katanya.

Untuk elpiji 12 kilogram rencana penyaluran pada Juni diperkirakan menurun sebanyak lima persen dibandingkan penyaluran Mei yang diakibatkan oleh libur lebaran.

Namun demikian, lanjutnya, Pertamina tetap menyiapkan rencana penyaluran elpiji 12 Kg sebanyak 3.526 metrik ton serta varian bright gas 5,5 kilogram sebanyak 347 MT dan bright gas 12 Kg 721 MT untuk periode H-15 dan H+15.

Sementara untuk Sumatera Selatan penyaluran elpiji tiga kilogram pada Juni diperkirakan meningkat sekitar 5,85 persen dan penyaluran 12 Kg berkurang sekitar 4,9 persen jika dibandingkan dengan penyaluran pada Mei.

Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan lembaga penyalur di Sumsel sebanyak 115 agen elpiji 3 Kg, dan 1.707 pangkalan elpiji 3 Kg siaga dan 21 agen elpiji 12 Kg.

“Peningkatan konsumsi elpiji biasanya terjadi mendekati Idul Fitri, karena itu kami sudah meningkatkan penyaluran elpiji berbagai varian pada Juni sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat,” ujarnya.

Sementara mengenai avtur, ia menjelaskan, selama masa mudik, pihaknya juga telah menyiapkan proyeksi peningkatan penyaluran di setiap provinsi di Sumatera Bagian Selatan.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan yaitu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diprediksi konsumsi avtur mencapai 175 Kl selama periode H-7 hingga H+7 lebaran.

Kebutuhan avtur ini meningkat 25 Kl atau 16 persen lebih banyak daripada prediksi konsumsi selama Juni.

Ia berharap, seluruh inovasi pelayanan dan distribusi energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan kenyaman dan kemudahan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami bangga bisa melakukan ini semoga dengan terjaganya ketahanan energi, masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER