Konsumsi Elpiji Bersubsidi Meningkat Hingga Lebaran

0
9
Elpiji
Pasokan elpiji 3 kg (bersubsidi/untuk masyarakat miskin)

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera bagian Selatan memprediksi adanya peningkatan konsumsi elpiji tabung 3 Kilogram (Kg) menjelang bulan Suci Ramadhan hingga Idul Fitri tahun 2018.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera bagian Selatan Erwin Hiswanto di Palembang, Rabu (16/5) mengatakan, prediksi peningkatan konsumsi elpiji tiga kilogram ini diperkirakan mencapai 11 persen.

Karena itu, sebagai antisipasi rencana penyaluran elpiji 3 Kg di wilayah Sumbagsel pada Juni diprakirakan naik hingga 3,6 persen dari penyaluran Mei. Jika dibandingkan dengan penyaluran lebaran 2017 maka terdapat peningkatan penyaluran sebanyak delapan persen, katanya.

Untuk elpiji 12 kilogram rencana penyaluran pada Juni diperkirakan menurun sebanyak lima persen dibandingkan penyaluran Mei yang diakibatkan oleh libur lebaran.

Namun demikian, lanjutnya, Pertamina tetap menyiapkan rencana penyaluran elpiji 12 Kg sebanyak 3.526 metrik ton serta varian bright gas 5,5 kilogram sebanyak 347 MT dan bright gas 12 Kg 721 MT untuk periode H-15 dan H+15.

Sementara untuk Sumatera Selatan penyaluran elpiji tiga kilogram pada Juni diperkirakan meningkat sekitar 5,85 persen dan penyaluran 12 Kg berkurang sekitar 4,9 persen jika dibandingkan dengan penyaluran pada Mei.

Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan lembaga penyalur di Sumsel sebanyak 115 agen elpiji 3 Kg, dan 1.707 pangkalan elpiji 3 Kg siaga dan 21 agen elpiji 12 Kg.

“Peningkatan konsumsi elpiji biasanya terjadi mendekati Idul Fitri, karena itu kami sudah meningkatkan penyaluran elpiji berbagai varian pada Juni sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat,” ujarnya.

Sementara mengenai avtur, ia menjelaskan, selama masa mudik, pihaknya juga telah menyiapkan proyeksi peningkatan penyaluran di setiap provinsi di Sumatera Bagian Selatan.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan yaitu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diprediksi konsumsi avtur mencapai 175 Kl selama periode H-7 hingga H+7 lebaran.

Kebutuhan avtur ini meningkat 25 Kl atau 16 persen lebih banyak daripada prediksi konsumsi selama Juni.

Ia berharap, seluruh inovasi pelayanan dan distribusi energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan kenyaman dan kemudahan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami bangga bisa melakukan ini semoga dengan terjaganya ketahanan energi, masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...