Ketua HNSI Sarankan Nelayan Buat Kartu Nelayan

SUNGAILIAT, SERUJI.CO.ID – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan menyarankan seluruh nelayan di daerahnya untuk membuat kartu nelayan.

“Bagi nelayan yang belum membuat kartu nelayan untuk segera membuatnya di dinas terkait, “katanya di Sungailiat, Ahad (25/3).

Menurutnya, tercatat kurang lebih 100 nelayan di beberapa sentra produksi yang belum melengkapi dokumen kartu nelayan.

“Sebagai organisasi nelayan, kami mempunyai tanggung jawab moril untuk menyampaikan dan membantu pembuatan kartu nelayan “jelasnya.

Dikatakan, kartu nelayan merupakan wujud penghargaan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap profesi nelayan dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2016.

Penerbitan kartu nelayan dapat menjadi instrumen bagi Dinas Kelautan dan Perikanan, KKP dan Kementerian/Lembaga Pemerintah saat memberikan pembinaan dan bantuan penguatan usaha kepada nelayan sehingga lebih tepat sasaran.

“Manfaat penting lainnya bagi nelayan pemenang kartu nelayan sebagai syarat untuk mendapatkan perlindungan asuransi,” jelasnya.

Hal penting lainnya, dia menyarankan agar tetap mematuhi penggunaan alat tangkap yang ditetapkan pemerintah guna menjaga kelestarian lingkungan penangkapan.

“Penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan harus tetap kita pertahankan guna keberlangsungan ekosistem hayati iya kita,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER