Kelas Parenting untuk Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Guna meningkatkan status gizi ibu hamil dan menyusui, serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak dalam upaya mencegah terjadinya kematian ibu dan anak, Yayasan Baitul Maal PLN P3B Sumatera bekerja sama dengan PKPU Human Initiative (HI) Riau menyelenggarakan kegiatan kelas parenting.

Kegiatan tersebut diadakan di Posyandu Matahari Kelurahan Air Hitam dan Posyandu Sari Kenanga Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Sabtu (19/1).

Kegiatan yang dilakukan di hadapan 29 ibu hamil dan menyusui tersebut, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya stunting dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah). Dalam kegiatan bertema ‘Tumbuh Kembang Anak’ itu juga mengundang pemateri dari Dosen Kebidanan Universitas Abdurrab, yakni Dewi Sartika Siagian SST MKeb dan Bidan Puskesmas Labuh Baru Barat yaitu Yanti Nida STr Keb. Para pemateri tersebut merupakan orang yang ahli di bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Pada kesempatan ini, Kepala Cabang PKPU HI Riau Afrizal Mushavi Rapsanjani menyatakan, melalui kegiatan ini, ke depannya para Penerima Manfaat di wilayah Kelurahan Labuh Baru Barat dan Kelurahan Air Hitam diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan keinginan untuk memeriksakan diri, kandungan, serta bayinya di Posyandu atau Puskesmas terdekat setiap bulannya.

Sementara, untuk para orang tua diharapkan dapat memantau dengan baik, tumbuh kembang sang anak sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan. Sedangkan, pada para kader dan petugas kesehatan agar selalu memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Karenanya, dalam pelaksanaannya, para orang tua dihimbau untuk memastikan proses tumbuh kembang anak dengan optimal.

“Tidak terlepas dari kebutuhan dasar yang diberi oleh orang tua. Yakni selain memberi pola asuh yang baik, orang tua juga harus memberikan kebutuhan asah dan asih pada anak,” tutur Afrizal.

Dijelaskannya, penyuluhan berjalan dengan lancar dan komunikatif. “Ini terlihat dari adanya proses tanya jawab antara peserta dan pemateri,” ujarnya.

Selain dilakukan penyuluhan, pada kelas parenting, juga diadakan pembagian nutrisi kepada seluruh ibu hamil dan menyusui, yang merupakan bagian dari penerima manfaat.

Di bagian lain, Dosen Dewi menyatakan, kebutuhan bayi bukan hanya pada pemberian ASI semata oleh ibu, melainkan ibu memiliki tanggungjawab dan peran bagaimana sang bayi dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya. Seperti 3 bulan pertama sang bayi minimal sudah mulai bisa telungkup. Orangtua perlu memahami konsep asah, asih, asuh.

“Setiap balita yang lahir dan pada usia 2 tahun (24 bulan) minimal harus ada penambahan tinggi badan sepanjang 25 cm dari panjang badan saat lahir,” tutur Dewi.

Sementara, bidan Yanti menyatakan, untuk memastikan ini berjalan baik maka menjadi tugas ibu yang harus memperhatikan perkembangan sang balita.

Kelas parenting dengan tema penyuluhan Tumbuh Kembang Anak, hal ini menjadi salah satu perhatian penting dari PKPU Human Initiative Riau dan YBM PLN P3B Sumatera.

(PKPU HI/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER