Kelas Parenting untuk Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Guna meningkatkan status gizi ibu hamil dan menyusui, serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak dalam upaya mencegah terjadinya kematian ibu dan anak, Yayasan Baitul Maal PLN P3B Sumatera bekerja sama dengan PKPU Human Initiative (HI) Riau menyelenggarakan kegiatan kelas parenting.

Kegiatan tersebut diadakan di Posyandu Matahari Kelurahan Air Hitam dan Posyandu Sari Kenanga Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Sabtu (19/1).

Kegiatan yang dilakukan di hadapan 29 ibu hamil dan menyusui tersebut, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya stunting dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah). Dalam kegiatan bertema ‘Tumbuh Kembang Anak’ itu juga mengundang pemateri dari Dosen Kebidanan Universitas Abdurrab, yakni Dewi Sartika Siagian SST MKeb dan Bidan Puskesmas Labuh Baru Barat yaitu Yanti Nida STr Keb. Para pemateri tersebut merupakan orang yang ahli di bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Pada kesempatan ini, Kepala Cabang PKPU HI Riau Afrizal Mushavi Rapsanjani menyatakan, melalui kegiatan ini, ke depannya para Penerima Manfaat di wilayah Kelurahan Labuh Baru Barat dan Kelurahan Air Hitam diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan keinginan untuk memeriksakan diri, kandungan, serta bayinya di Posyandu atau Puskesmas terdekat setiap bulannya.

Sementara, untuk para orang tua diharapkan dapat memantau dengan baik, tumbuh kembang sang anak sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan. Sedangkan, pada para kader dan petugas kesehatan agar selalu memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Karenanya, dalam pelaksanaannya, para orang tua dihimbau untuk memastikan proses tumbuh kembang anak dengan optimal.

“Tidak terlepas dari kebutuhan dasar yang diberi oleh orang tua. Yakni selain memberi pola asuh yang baik, orang tua juga harus memberikan kebutuhan asah dan asih pada anak,” tutur Afrizal.

Dijelaskannya, penyuluhan berjalan dengan lancar dan komunikatif. “Ini terlihat dari adanya proses tanya jawab antara peserta dan pemateri,” ujarnya.

Selain dilakukan penyuluhan, pada kelas parenting, juga diadakan pembagian nutrisi kepada seluruh ibu hamil dan menyusui, yang merupakan bagian dari penerima manfaat.

Di bagian lain, Dosen Dewi menyatakan, kebutuhan bayi bukan hanya pada pemberian ASI semata oleh ibu, melainkan ibu memiliki tanggungjawab dan peran bagaimana sang bayi dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya. Seperti 3 bulan pertama sang bayi minimal sudah mulai bisa telungkup. Orangtua perlu memahami konsep asah, asih, asuh.

“Setiap balita yang lahir dan pada usia 2 tahun (24 bulan) minimal harus ada penambahan tinggi badan sepanjang 25 cm dari panjang badan saat lahir,” tutur Dewi.

Sementara, bidan Yanti menyatakan, untuk memastikan ini berjalan baik maka menjadi tugas ibu yang harus memperhatikan perkembangan sang balita.

Kelas parenting dengan tema penyuluhan Tumbuh Kembang Anak, hal ini menjadi salah satu perhatian penting dari PKPU Human Initiative Riau dan YBM PLN P3B Sumatera.

(PKPU HI/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi