Kapolda Babel Pastikan Isu Akan Terjadinya Tsunami Hoaks

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Polisi Istiono menyatakan isu akan terjadinya tsunami adalah hoaks karena Babel bukan wilayah ring of fire bencana tersebut.

“Omong kosong kalau akan terjadi tsunami di Babel,” kata Brigjen Polisi Istiono saat rapat koordinasi persiapan arus mudik Lebaran 2019 di Pangkalpinang, Kamis (23/5).

Ia mengatakan isu tsunami ini dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan di sentra-sentra pariwisata di Bangka Belitung selama Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. Oleh karena itu, isu-isu seperti ini tidak boleh ada, karena potensi terjadi bencana tersebut di Babel sangat tipis.

Babel bukan daerah ring of fire yang artinya daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 kilometer.

“Sangat tipis terjadi tsunami di perairan Bangka Belitung. Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan jangan percaya isu-isu yang tidak jelas tersebut,” katanya.

Menurut dia isu-isu tsunami sempat dipercayai masyarakat. Seperti kejadian menjelang Natal tahun ini, masyarakat Toboali Kabupaten Bangka Selatan sempat percaya akan terjadi tsunami di daerah itu.

“Tengah malam masyarakat harus mengungsi karena isu tsunami ini. Untung tidak ada korban jiwa akibat berita hoaks tersebut,” katanya.

Ia menambahkan potensi bencana alam di Babel diantaranya banjir, angin kencang dan petir.

“Kami berharap masyarakat tidak mempercayai berita-berita hoaks ini, karena ini akan merugikan diri sendiri,” katanya.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Divestasi Freeport

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O