Kapolda Babel Pastikan Isu Akan Terjadinya Tsunami Hoaks

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Polisi Istiono menyatakan isu akan terjadinya tsunami adalah hoaks karena Babel bukan wilayah ring of fire bencana tersebut.

“Omong kosong kalau akan terjadi tsunami di Babel,” kata Brigjen Polisi Istiono saat rapat koordinasi persiapan arus mudik Lebaran 2019 di Pangkalpinang, Kamis (23/5).

Ia mengatakan isu tsunami ini dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan di sentra-sentra pariwisata di Bangka Belitung selama Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. Oleh karena itu, isu-isu seperti ini tidak boleh ada, karena potensi terjadi bencana tersebut di Babel sangat tipis.

Babel bukan daerah ring of fire yang artinya daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 kilometer.

“Sangat tipis terjadi tsunami di perairan Bangka Belitung. Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan jangan percaya isu-isu yang tidak jelas tersebut,” katanya.

Menurut dia isu-isu tsunami sempat dipercayai masyarakat. Seperti kejadian menjelang Natal tahun ini, masyarakat Toboali Kabupaten Bangka Selatan sempat percaya akan terjadi tsunami di daerah itu.

“Tengah malam masyarakat harus mengungsi karena isu tsunami ini. Untung tidak ada korban jiwa akibat berita hoaks tersebut,” katanya.

Ia menambahkan potensi bencana alam di Babel diantaranya banjir, angin kencang dan petir.

“Kami berharap masyarakat tidak mempercayai berita-berita hoaks ini, karena ini akan merugikan diri sendiri,” katanya.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER