Kantor Imigrasi Jambi Deportasi Enam WNA Korsel

0
50
deportasi
Ilustrasi deportasi

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Kantor Imigrasi Kelas I Jambi mendeportasi enam warga negara asing (WNA) pada Februari 2018 karena melanggar peraturan keimigrasian.

“WNA yang dideportasi pada bulan Februari 2018 tersebut seluruhnya merupakan warga negara Korea Selatan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jambi, Heru Santoso Ananta Yudha di Jambi, Selasa (20/3).

Keenam warga negara Korea Selatan yang telah dideportasi itu telah terbukti melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan izin yang diberikan.

Heru mengatakan saat ini masih ada satu warga negara Myanmar yang tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Jambi karena melanggar peraturan keimigrasian.

Selain melanggar aturan keimigrasian, warga Myanmar tersebut juga diduga melakukan pemalsuan dokumen kependudukan sehingga terancam hukuman kurungan penjara maksimal lima tahun.

Pihak Imigrasi Kelas I Jambi terus melakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing pada enam wilayah kerjanya yang meliputi Kota Jambi, Kabupaten Muarabungo, Tebo, Batanghari, Muarojambi dan Sarolangun.

Berdasarkan hasil pendataan terdapat 200 WNA yang tinggal di wilayah kerja Kantor Imigrasi Jambi, dengan berbagai keperluan seperti bekerja dan studi.

Pihaknya telah menyediakan aplikasi pengawasan orang asing yang dapat diunduh masyarakat sehingga orang pribadi, pengelola hotel atau pun tempat kos dapat melapor kepada kantor imigrasi melalui aplikasi tersebut.

“Laporan yang disampaikan itu sekedar untuk pendataan bahwa ada WNA yang tinggal di suatu daerah,” kata dia.

Dia menambahkan saat ini pihak pengelola hotel dan tempat kos sudah mulai aktif melaporkan keberadaan WNA melalui aplikasi tersebut. Namun untuk laporan dari perorangan masih kurang. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...