Kantor Imigrasi Jambi Deportasi Enam WNA Korsel

0
61
deportasi
Ilustrasi deportasi

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Kantor Imigrasi Kelas I Jambi mendeportasi enam warga negara asing (WNA) pada Februari 2018 karena melanggar peraturan keimigrasian.

“WNA yang dideportasi pada bulan Februari 2018 tersebut seluruhnya merupakan warga negara Korea Selatan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jambi, Heru Santoso Ananta Yudha di Jambi, Selasa (20/3).

Keenam warga negara Korea Selatan yang telah dideportasi itu telah terbukti melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan izin yang diberikan.

Loading...

Heru mengatakan saat ini masih ada satu warga negara Myanmar yang tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Jambi karena melanggar peraturan keimigrasian.

Selain melanggar aturan keimigrasian, warga Myanmar tersebut juga diduga melakukan pemalsuan dokumen kependudukan sehingga terancam hukuman kurungan penjara maksimal lima tahun.

Pihak Imigrasi Kelas I Jambi terus melakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing pada enam wilayah kerjanya yang meliputi Kota Jambi, Kabupaten Muarabungo, Tebo, Batanghari, Muarojambi dan Sarolangun.

Berdasarkan hasil pendataan terdapat 200 WNA yang tinggal di wilayah kerja Kantor Imigrasi Jambi, dengan berbagai keperluan seperti bekerja dan studi.

Pihaknya telah menyediakan aplikasi pengawasan orang asing yang dapat diunduh masyarakat sehingga orang pribadi, pengelola hotel atau pun tempat kos dapat melapor kepada kantor imigrasi melalui aplikasi tersebut.

“Laporan yang disampaikan itu sekedar untuk pendataan bahwa ada WNA yang tinggal di suatu daerah,” kata dia.

Dia menambahkan saat ini pihak pengelola hotel dan tempat kos sudah mulai aktif melaporkan keberadaan WNA melalui aplikasi tersebut. Namun untuk laporan dari perorangan masih kurang. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama