KAI Sumut Operasikan Kereta Api Kesehatan

MEDAN, SERUJI.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara mengoperasikan “Rail Clinic” atau kereta api layanan kesehatan sebagai bukti komitmen perusahaan peduli lingkungan/masyarakat.

“Sesuai rencana, kereta api layanan kesehatan untuk wilayah Divre I Sumut dioperasikan tahun 2017 ini,” ujar Vice President PT KAI Divre 1 Sumut, Aslikan di Medan, Selasa (19/12).

Operasional pertama kereta api layananan kesehatan itu dilakukan di kawasan Stasiun Kereta Api Batangkuis, Deliserdang.

Layanan kesehatan yang dilakukan para medis di rangkaian kereta dengan dua gerbong itu tampak diminati masyarakat dengan memeriksakan berbagai penyakit.

Aslikan menjelaskan, kereta api yang di dalamnya terdapat laboratorium mini, farmasi atau apotek, periksa umum, periksa kehamilan, pemeriksaan gigi, dan periksa mata itu akan berpindah-pindah lokasi di rute yang dilayani KAI.

“Manajemen KAI berharap kereta api layanan kesehatan bisa dimanfaatkan dan bermanfaat besar pada peningkatan kesehatan masyarakat Sumut,” ujar Aslikan yang didampingi Manajer Humas KAI Sumut, Sapto Hartoyo.

Aslikan yang juga didampingi Manajer Kesehatan PT KAI Divre I Sumut dr Miftah Farizd, mengatakan layanan kereta api kesehatan diutamakan di sepanjang jalur kereta api yang khususnya berada di daerah yang jauh dari jangkauan rumah sakit atau puskesmas.

Manajemen KAI, ujar Aslikan berharap ke depannya bisa semakin melengkapi peralatan medisnya sehingga nantinya mirip seperti rumah sakit berjalan.

“Operasional kereta klinik bertujuan memberi kemudahan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan,” ujarnya.

Operasional kereta klinik itu merupakan bentuk komitmen KAI dalam keikutsertaan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER