Jusuf Kalla Resmikan Rumah Sakit Universitas Andalas

PADANG, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan Rumah Sakit Universitas Andalas yang dibangun melalui pendanaan Saudi Fund for Development (SFD) dan Islamic Development Bank (IDB).

“Rumah sakit ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, baik dalam memberikan pelayan kesehatan maupun bagi pengembangan bidang kesehatan ” ujarnya saat meresmikan RS Unand, Sabtu (4/11).

Jusuf Kalla menyebut dulu ada anggapan RS pendidikan merupakan tempat praktiknya mahasiswa kedokteran, sehingga pasien dijadikan obyek untuk coba-coba.

“Tapi sebenarnya, RS pendidikan ini biasanya didampingi profesor yang andal, sehingga pasti kualitasnya lebih baik,” ujarnya.

“Tempat belajar dan tempatnya dokter-dokter terbaik,” imbuhnya.

Jusuf Kalla juga mengingatkan, jangan sampai rumah sakit penuh oleh pasiennya, itu pertanda sebuah kegagalan penyelenggaraan pemerintah kota dalam mensejahterakan masyarakat.

“Semestinya dalam pelaksanaan setiap pembangunan memberikan kenyaman dan ketentraman hidup masyarakat, kecuali memang pelayanan rumah sakitnya bagus membuat banyak orang datang berobat dari daerah lain,” terangnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan rumah sakit ini bisa meningkatkan kualitas lulusan Kedokteran Unand.

“Rumah Sakit ini akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa kedokteran dalam menjalankan praktik,” kata Irwan.

Rumah sakit ini juga akan dapat menjadi sarana peningkatan pelayan kesehatan masyarakat Sumatera Barat. Sehingga diharapkan masyarakat Sumbar tidak perlu lagi berobat keluar negeri atau ketempat lain.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi kehadiran rumah sakit Unand, dan berharap peningkatan kualitas kemampuan dokter-dokter di Sumbar terus mengembangkan diri memberikan keahlian yang terbaik,” himbau Irwan Prayitno.

Rektor Unand Tafdil Husni mengatakan rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare. Adapun biaya pembangunannya mencapai Rp 680 miliar.

“Dengan layanan kesehatan berkualitas. Sehingga kami bisa tingkatkan kelulusan dokter, dan meningkatkan profesionalitas profesi dokter” ujarnya.

Rumah sakit ini memiliki 200 tempat tidur dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk pelayanan pasien. RS Unand melayani rawat jalan, pelayanan rawat inap, kamar operasi, UGD, instalasi farmasi, menerima rujukan, pelayanan ICU, dan ambulans.

RS Unand juga dilengkapi fasilitas radioterapi onkologi, kemoterapi, dan gastroenteritis yang modern. Sehingga diharapkan RS Unand bisa memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada pasien.

“Program unggulannya pada penyakit keganasan dan gastrointestinal,” ujarnya.

Di samping fasilitas kesehatan, rumah sakit ini dikembangkan sebagai pusat pendidikan bagi mahasiswa kedokteran. Sehingga diharapkan RS Unand mampu mengembangkan riset translasional untuk mempercepat kemandirian bangsa dalam produk dan pelayanan kesehatan. (Zardi/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER